Smart Statistik

Seputar Satistik dan Perancangan Percobaan

Uji t-student

Untuk membandingkan nilai tengah populasi dengan nilai tertentu antau dengan nilai tengah populasi lainnya bisa dilakukan dengan uji‑z.  Namun uji z hanya bisa digunakan apabila data berdistribusi normal serta ragam populasi diketahui.  Pada kenyataannya, jarang sekali kita bisa mengetahui nilai parameter suatu populasi dengan pasti, sehingga kita hanya bisa menduga parameter populasi tersebut dari sampel yang kita ambil.  Karena kita tidak mengetahui berapa simpangan baku populasi, σ, maka nilai ini ditaksir dengan simpangan baku sampel, s, yang dihitung dari sampel.  Hanya saja, untuk sampel berukuran kecil, s bukanlah nilai taksiran yang akurat untuk σ sehingga tidak valid lagi apabila kita menggunakannya untuk uji-z.  Untuk ukuran sampel yang kecil, kita bisa mendekatinya dengan menggunakan uji‑t.


6 responses to “Uji t-student

  1. maxi rumimpunu Januari 28, 2010 pukul 9:44 pm

    pak saya belum paham dengan uji ragam homogen dgn uji ragam hetorogen.
    pak saya lagi mau meneliti bagaimana pengaruh pupuk bio urine terhadap rumput gajah..? yg saya bingung saya tidak tahu mau pakai rumus homogen atau hetorogen..?
    sementara lokasi rumput gajah dalam satu hamparan. tolong penjelasan pak rumus yg pas utk digunakan……

    • smartstat Februari 3, 2010 pukul 2:20 am

      Dalam analisis parametrik, hasil Analisis Varians sah apabila memenuhi beberapa asumsi, diantaranya ragam harus homogen. Apabila ragam tidak homogen, perlu dilakukan transformasi data sehingga ragam menjadi homogen. Namun apabila setelah di transformasi, ragam tetap tidak homogen, langkah terakhir adalah melakukan analisis data dengan metode Non-parametrik yang tidak memerlukan asumsi tersebut.
      Kalau saya simak, mungkin yang dimaksud homogen atau heterogen pada comment di atas berhubungan dengan Rancangan Lingkungan!
      Apabila kondisi lingkungan (misalnya tingkat kesuburannya) dalam hamparan tersebut dianggap tidak homogen, maka rancangan lingkungan yang tepat adalah Rancangan Acak Kelompok. Biasanya kesuburan tanah berasosiasi dengan kemiringan lahan, lahan yang berada pada bagian lerang bawah lebih subur dibanding dengan bagian atasnya. Hal tersebut bisa dijadikan panduan dalam menentukan pengelompokkan (Ingat, dalam kelompok yang sama, kondisi lingkungan harus homogen/dianggap homogen sehingga tidak memberikan keragaman terhadap respons). Pengelompokkan di buat tegak lurus terhadap arah kemiringan lahan. Misal: Kelompok I berada pada Lereng Bagian Atas (kurang subur); Kelompok II: Lereng tengah (medium); Kelompok III Lerang bawah (subur).

  2. raihan Desember 20, 2010 pukul 9:39 pm

    Ass,,, ma’af pak kalau boleh saya tahu bagaimana langkah langkah atau cara untuk mendownload scribd tersebut, apakah harus bayar itu teh atau gratis.? terimaksih sebelumnya ^_^

  3. firo April 8, 2011 pukul 2:45 pm

    saya ingin melakukan penelitian mengenai pengaruh pembelajaran bilingual pada hasil belajar. dalam penelitian tidak dilibatkan kelas kontrol sehingga yang dijadikan pembanding bagi kelas eksperimen adalah standar nilai kelulusan di sekolah bersangkutan. yang saya mau tanyakan, bagaimana melakukan analisis inferensial untuk kasus yang saya teliti, apakah menggunakan uji t atau uji z. mohon bantuannya bang 😀

    terima kasih sebelumnya.

    • smartstat April 23, 2011 pukul 11:40 am

      Tergantung pada skala pengukuran variabel dan jumlah sampel.
      Apabila skala pengukuran variabelnya Interval/rasio (kuantitatif) bisa menggunakan uji z (untuk sampel yg banyak atau mendekati populasi) atau menggunakan uji t apabila jumlah sapelnya sedikit. Untuk sampel di atas 30, uji z dan uji t hampir sama.

      Apabila skala pengukuran variabelnya nominal/ordinal (kualitatif) bisa menggunakan uji non parametrik.
      Apabila sampelnya saling bebas (tidak berpasangan): Mann Whitney U, Kolmogorov-Smirnov Z, Wald-Wolfowitz runs
      Apabila sampelnya berpasangan (before vs after, atau sampel yg berpasangan): Wilcoxon, McNemar, Sign Test

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s