Smart Statistik

Seputar Satistik dan Perancangan Percobaan

Asumsi-Asumsi Dasar Analisis Ragam

Kebiasaan yang sering dilakukan dalam pengolahan data hasil pengamatan adalah mengolah data tersebut tanpa memperhatikan asumsi-asumsi dasar, padahal mungkin saja data yang dianalisis tersebut tidak layak untuk dilakukan analisis ragam.  Oleh karena itu, sebelum kita melakukan analisis ragam, terlebih dahulu kita harus menguji apakah data tersebut layak atau tidak.  Apabila asumsi-asumsi dasar dipenuhi, maka data tersebut layak untuk dianalisis. Sebaliknya, apabila data tersebut tidak memenuhi asumsi dasar, terlebih dahulu kita harus mentransformasi data sehingga memenuhi asumsi dasar analisis ragam.

Bagaimana apabila kita menganalisis data yang sebenarnya tidak memenuhi asumsi analisis ragam?  Apabila hal itu terjadi, maka kesimpulan yang diambil tidak akan menggambarkan keadaan yang sebenarnya.  Terdapat beberapa konsekuensi apabila asumsi dasar tersebut dilanggar, diantaranya:

  1. Keragaman menjadi lebih heterogen.
  2. Berpengaruh pada kepekaan hasil pengujian analisis ragam di mana :
    1. Hasil analisis ragam yang anda lakukan terhadap data sebelum diuji kelayakannya menunjukkan pengaruh yang sangat nyata, tetapi setelah asumsi dipenuhi hasil analisis ragam menunjukkan pengaruh yang nyata saja. Sebaliknya semula menunjukkan berpengaruh nyata, tetapi setelah asumsi dipenuhi hasil analisis ragam menunjukkan pengaruh yang sangat nyata.
    2. Hasil analisis ragam yang anda lakukan terhadap data sebelum diuji kelayakannya menunjukkan berpengaruh nyata, tetapi setelah asumsi dipenuhi hasil analisis ragam menunjukkan pengaruh tidak nyata. Sebaliknya semula menunjukkan tidak berpengaruh nyata tetapi setelah asumsi dipenuhi hasil analisis ragam menunjukkan pengaruh nyata atau sangat nyata.

Dengan demikian, sebelum melakukan analisis ragam, terlebih dahulu kita harus memeriksa apakah data tersebut sudah memenuhi asumsi dasar analisis ragam atau belum.

3 responses to “Asumsi-Asumsi Dasar Analisis Ragam

  1. Dinda Oktober 16, 2010 pukul 7:34 am

    Terimakasih atas kesediaannya untuk memberi kesempatan pada saya dan pembaca mendownload file. Kalau boleh, saya ingin mendapatkan materi Analisis ragam Multivariate (Manova) untuk percobaan faktorial beserta uji lanjutnya, baik yang terjadi pengaruh interaksi maupun tidak terjadi pengaruh interaksi. Sekalian info tentang pustaka yang membahas tentang Manova tersebut. Terimakasih

    • smartstat Oktober 16, 2010 pukul 1:43 pm

      Materi Manova untuk saat ini belum saya buat. Apabila Dinda perlu referensi Manova, Dinda bisa pelajari di buku : TEKNIK ANALISIS DALAM PENELITIAN PERCOBAAN, JILID 2, Author: Dr. Ir. Vincent Gaspersz, M.Sc. Penerbit Tarsito. Matri untuk Manova ada di Bab XXV hal 486.

  2. nurul Juli 26, 2011 pukul 8:03 am

    Kalau mau uji keaditifan pakai software.. bisa pakai software apa ya? saya cari2 di internet nggak dapet2 informasi nya.. semuanya pakai perhitungan manual..
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s