Smart Statistik

Seputar Satistik dan Perancangan Percobaan

Rancangan Petak-petak Terbagi (Split-split Plot)

Bahan Kuliah/Slide mengenai Metode Perancangan Percobaan dengan Menggunakan Rancangan Petak-petak Terbagi (Split-Plot)

Slide sedang dimuat, silahkan tunggu…

Apabila ada masalah, slide bisa dilihat di: http://www.slideshare.net/smartstat/rancangan-petakpetak-terbagi

[Download]

16 responses to “Rancangan Petak-petak Terbagi (Split-split Plot)

  1. julfikar April 7, 2010 pukul 8:30 pm

    Ass, punya info tentang buku yang membahas uji gugus scott-knott gak??????

  2. maulana Oktober 6, 2010 pukul 4:31 pm

    aslm…. tanya dong….. klo analisis data untuk penelitian 3 faktor dengan metode split-split plot gimana ya????
    Untuk di aplikasikan ke program SAS gimana???
    ada ga buku yg terkait dengan hal yg di atas??
    Thanks…..

  3. smartstat Oktober 9, 2010 pukul 2:01 am

    Apabila menggunakan Software Pengolah Data, variabel Ulangan/Kelompok/Grup harus dijadikan sebagai variabel acak/Random.
    Misal dalam SPSS: Dari ke-3 variabel tersebut, 2 Variabel dimasukkan kedalam kotak (Listbox) Fixed Factor(s) dan var yang dianggap ulangan harus dimasukkan ke dalam kotak (Listbox) Random Factor(s).
    Selanjutnya pada kotak dialog Model: buat model sesuai dengan model liniernya (Tabel Anova), mislnya:
    A=Main plot; B = Subplot; dan R = Ulangan; Rancangan Lingkungan: RAK
    maka pada kotak model tersebut buat list sprti ini:
    R
    A
    RA (sebagai galat pertama)
    B
    AB
    (galat kedua digenerate oleh software tersebut nanti pada output analisisnya)

    Tutorialnya Nanti saya buat (mudah2an tidak lama lagi, he2)

  4. maulana Oktober 9, 2010 pukul 8:29 am

    oh…… pada penelitian saya, saya sudah menghitung hingga analisis ragam. untuk menentukan uji lanjut yng sesuai untuk suatu penelitian dasarnya apa????
    bisakah rancangan dngn split-split plot 3 faktor diuji lanjut dengan DMRT/uji duncan??

  5. maulana Oktober 10, 2010 pukul 8:21 am

    minta rumus perhitungan DMRT untuk 3 faktor donk, file uji duncun nya ga bisa di download…….
    jika ada referensi buku tentang DMRT tolong kasih taunya……
    makasih…..

    • smartstat Oktober 11, 2010 pukul 11:57 am

      Rumus perhitungan DMRT pada Split-split Plot ya, he2.. bingung juga sih..

      Coba simak pernyataan berikut (Ini untuk Split Plot)

      Pada Split-Plot, untuk membandingkan dua nilai rata-rata petak utama pada perlakuan anak petak yang sama atau berbeda digunakan dua jenis KT(Galat), yaitu KT(Galat a) dan KT(Galat b), apalagi pada split-split plot (ada 3 jenis galat). Implikasinya, rasio selisih perlakuan terhadap galat baku tidak mengikuti sebaran t-student sehingga perlu dihitung t gabungan/terboboti.

      Masalahnya, t-terboboti tuh hanya untuk uji LSD.
      Untuk uji DMRT?? Logika perhitungan nilai t-terboboti sebenarnya bisa juga diterapkan untuk perhitungan nilai Rp Gabungan, hanya saja saya blm pernah menemukan buku yang membahasnya, bisa apa kagak, coz kata sebagian Pakar Statistik, Uji Duncan tidak bisa digunakan untuk Rancangan Split-Plot atau Split-Split-Plot, dengan alasan di atas tadi, kesahihan dalam perhitungan nilai Rp gabungan.

      Formula perhitungan untuk LSD ada di Halaman 23-28 pada Slide:
      https://smartstat.files.wordpress.com/2009/12/split-split-plot.pdf

  6. maulana Oktober 11, 2010 pukul 2:38 pm

    oh gitu ya mas……
    jd klo untuk Split-split Plot lebih cocok mengunakan LSD?
    jika benar saya mau coba mengunakan LSD.
    saya sebenarnya lagi mencari dasar yang tepat untuk menentukan uji lanjut yg akan saya gunakan untuk penelitian saya. salah satu masukannya saya harus mengunakan DMRT, tapi saya belum tau alasanya.
    jika mengunakan LSD bisa untuk penelitian saya dan alasanya tepat, saya akan gunakan LSD.

    • smartstat Oktober 11, 2010 pukul 4:18 pm

      Sbnrnya kalo menurut saya, Uji Lanjut Apa saja, asalkan sesuai dengan batasan tertentu tidaklah mslh. Coba saja software pengolah data sprti SPSS, Statistica, SAS, apabila kita menggunakan Model Rancangan apa saja, uji lanjutnya tetap tersedia dan tergantung kita mau memilih uji lanjut apa saja asalkan sesuai dengan kriteria kita. Kalo salah satu rancangan gk bisa dengan uji lanjut tertentu, tentu software pun akan membatasi pilihan uji lanjutnya.

      Kita boleh menggunakan LSD apabila rata-rata perlakuan yang akan kita bandingkan tidak lebih dari 3. Kenapa ada orang yang menyarankan menggunakan DMRT, mungkin karena pada penelitian Maul, ada Faktor yang taraf perlakuannya lebih dari 3, meski sebenarnya lebih disarankan menggunakan uji Tukey.

  7. maulana Oktober 15, 2010 pukul 2:23 pm

    ok mas trimakasi atas ilmunya…..
    akan saya coba….
    maaf sebelumnya klo nanti saya nanya lg he..he…..

  8. risa Februari 28, 2011 pukul 1:57 pm

    Aslkm. Mas, blh tw gak rumus editor SAS utk split-split plot dgn ptk utama = 2, Anak petk = 3, dan anak2 ptk = 2?
    mksh sebelumnya..

  9. rani Maret 28, 2011 pukul 5:48 pm

    smartstat…saya ingin bertanya bagaimana mengolah data menggunakan SAS 9.1 untuk uji lanjutnya, saya menggunakan rancangan split plot RAK dengan uji lanjut duncan???terima kasih sebelumnya

    • smartstat April 4, 2011 pukul 8:55 pm

      Rani, sblmnya saya mohon maaf, kbtln saya tidak punya software SAS, SAS 9.1 tidak support di kmptr sy, Win7 64bit…
      meski demikian, mudah2an syntaks ini bisa membantu, meski saya belum mencobanya:

      proc glm data=yourdata;
      class rep whP subP;
      model y = rep whP rep*whP subP subP*whP;
      random rep rep*whP / test;
      test h=whP e=rep*whP;
      means whP subP whP*subP / duncan;
      run;

      Ket: whP = whole/main plot, subP = anak petak/sub plot

      NB. Maaf balasannya telat, minggu2 kemarin habis dari lapangan

  10. rizki Oktober 28, 2012 pukul 9:58 am

    smartstat,,mo nanya nich,,
    materi split-split plot design ini referensi’y dari buku apa aza ya???

  11. Ariani Agustus 23, 2014 pukul 10:08 am

    ada program untuk uni lanjut smarstat… olah uji lanjut manual agak repot juga lama… sementara harus kejar tayang untuk laporan..

Tinggalkan Balasan

