Smart Statistik

Seputar Satistik dan Perancangan Percobaan

Distribusi Frekuensi

Hasil pengukuran yang kita peroleh disebut dengan data mentah. Besarnya hasil pengukuran yang kita peroleh biasanya bervariasi. Apabila kita perhatikan data mentah tersebut, sangatlah sulit bagi kita untuk menarik kesimpulan yang berarti. Untuk memperoleh gambaran yang baik mengenai data tersebut, data mentah tersebut perlu di olah terlebih dahulu.

Pada saat kita dihadapkan pada sekumpulan data yang banyak, seringkali membantu untuk mengatur dan merangkum data tersebut dengan membuat tabel yang berisi daftar nilai data yang mungkin berbeda (baik secara individu atau berdasarkan pengelompokkan) bersama dengan frekuensi yang sesuai, yang mewakili berapa kali nilai-nilai tersebut terjadi. Daftar sebaran nilai data tersebut dinamakan dengan Daftar Frekuensi atau Sebaran Frekuensi (Distribusi Frekuensi).

Baca pos ini lebih lanjut

146 responses to “Distribusi Frekuensi

  1. windah Agustus 26, 2010 pukul 2:31 pm

    saya sangat butuh info ttg statistik terutama krn skrg sy lg nyusun skripsi. mohon bantuannya ya pak..

  2. ii November 3, 2010 pukul 11:46 am

    bagaimana kalau datanya itu berkoma dan jaraknya sedikit sekali
    contoh:
    9.3 – 9.7
    9.8 – 10.2
    10.3 – 10.7
    pada saat saya telah mendapatkan modus dan median. hasilnya tidak pas dengan letak kelas nilai tersebut.
    jadi bagaimana? bolehkan data soal saya ubah menjadi 93 – 97
    98 – 102
    103 – 107
    sudah saya cari dengan nilai ini, baru pas hasilny dengan letak kelasnya.
    mohon jawabannya. terimakasih.

    • smartstat November 3, 2010 pukul 8:59 pm

      Apabila angka dibelakang koma ≥ satu digit??
      Banyaknya digit untuk penentuan batas bawah/atas kelas tergantung pada tingkat ketelitian datanya. Misalnya apabila sumber data aslinya sprti ini: 3.4 4.5 6.7 dst (ada satu digit dibelakang koma), maka batas bawah/atas kelasnya pun mempunyai digit yang sama, ex:
      (jika lebar kelas = 0.5)
      3.0 – 3.4
      3.5 – 3.9
      4.0 – 4.5
      dst
      Atau jika lebar kelas = 3.0
      3.0 – 5.9
      6.0 – 8.9
      9.0 – 12.9
      Batas Kelas?? Batas kelas selalu dinyatakan dengan jumlah digit satu desimal lebih banyak daripada data pengamatan asalnya. Contoh: batas kelas untuk kelas pertama:
      3.0 – 0.05 = 2.95 dan 5.9 + 0.05 = 5.95
      Kelas 2: 6.0 – 0.05 = 5.95 dan 8.95
      Apabila sumber datanya paling banyak 3 digit dibelakang koma, eks: 3.432; 4.543; 6.998 dst, maka penentuan batas atas/bawah kelas pun harus sesuai, ex:
      jika lebar kelas = 3.0
      3.000 – 5.999
      6.000 – 8.999
      9.000 – 12.999
      Batas Kelas untuk kelas pertama: 2.9995 dan 5.9995

      Penentuan berapa banyak kelas, lebar kelas, dst, bisa lihat pada ketentuan yang terdapat pada uraian di atas, misalnya: banyak kelas antara 5-20 tergantung banyaknya data, atau pakai aturan sturges: 1 +3.3 log(n)

  3. mawaddah Maret 1, 2011 pukul 11:04 pm

    sebelumnya saya mohon bantuannya pak, saya mhs tk.akhir yg sedang skripsi, saat ini saya sedikit kebingungan dgn analisis data saya mengenai potensi pemanfaatan limbah tandan kosong, berdasarkan literatur yg saya baca, sekitar 20-23% dari TBS adalh limbah tandan kosong kelapa sawit, namun dalam prakteknya di pabrik kelapa sawit yg saya teliti jumlahnya sekitar 20,59%. bagaimana cara saya menentukan persentase dari limbah itu, apakah yg berdasarkan literatur atau secara prakteknya?

    • Smartstat Maret 7, 2011 pukul 8:44 pm

      Maaf blsnnya telat.. Memang judul skripsinya apa Mawadah? identifikasi masalahnya sprti gmn? Apakah membandingkan antara persentase yg ada di literatur dg hasil penelitian? kalau iya, mungkin bisa menggunakan uji z untuk data dalam bentuk proporsi.
      Saya kira hasil penelitiannya (20,59%) masih dalam interval 20-23% kan? atau gunakan metode selang kepercayaan 95% (misalnya, atau 90%) untuk nilai proporsi yang didapat dari penelitiannya. Mungkin dengan mempelajari Selang kepercayaan (Confidence Interval Method) bisa membantu. Ada di buku2 statistik…

    • Rita Mei 22, 2022 pukul 12:22 pm

      Cara biar dapat hasil frekuensi relatif% nya?
      Terima kasih 🙏

  4. Smartstat Maret 7, 2011 pukul 8:43 pm

    Maaf blsnnya telat.. Memang judul skripsinya apa Mawadah? identifikasi masalahnya sprti gmn? Apakah membandingkan antara persentase yg ada di literatur dg hasil penelitian? kalau iya, mungkin bisa menggunakan uji z untuk data dalam bentuk proporsi.
    Saya kira hasil penelitiannya (20,59%) masih dalam interval 20-23% kan? atau gunakan metode selang kepercayaan 95% (misalnya, atau 90%) untuk nilai proporsi yang didapat dari penelitiannya. Mungkin dengan mempelajari Selang kepercayaan (Confidence Interval Method) bisa membantu. Ada di buku2 statistik…

  5. mawaddah Maret 9, 2011 pukul 7:19 pm

    judul skripsi saya ‘potensi pemanfaatan limbah pabrik sebagai pupuk kompos di prov.sumut’, dan penelitiannya bersifat deskriptif, data2 yang saya punya merupakan jumlah produksi TBS per kabupaten dan luas areal lahan. saya menghitung seberapa besarnya potensi tandan kosong yang dapat dijadikan pupuk kompos, berdasarkan literatur yang saya baca itulah sekitar 20 – 23% merupakan limbah tankos, namun dalam prakteknya di PT.X persentasenya sekitar 20,59, yang mana PT.X ini adalah sebagai indikator penghitungan selanjutnya karena PT.X ini sudah mempraktekkan pembuatan pupuk kompos tandan kosong. dan kemudian hasil yang sudah dikalikan dengan persentase akan diproyeksikan selama 5 tahun dengan rumus eksponensial. jadi berapa persentase sbenarnya yang harus saya kalikan dengan jumlah produksi itu, apa yg sesuai literatur atau sesuai PT.X sbg indikator, atau hanya dirata – rata kan saja dengan kisaran 20 – 23%?

    • Smartstat Maret 9, 2011 pukul 9:03 pm

      Kalau menurut saya sebaiknya menggunakan data hasil penelitian yang ada di PT X, 20,59%, karena PT X ini akan dijadikan sebagai indikator bukan? Kisaran antara 20-23% itu mungkin didapatkan dari hasil kajian beberapa PT dan nilainya ada dalam rentang tersebut, trmsk yang 20,59% msh dalam kisaran itu. Kalau menurut saya sebaiknya menggunakan Selang Kepercayaan, misal selang (interval) kepercayaan 95 % untuk nilai presentasenya.

  6. mawaddah Maret 11, 2011 pukul 2:03 pm

    ok pak, terima kasih buat masukan nyaa.. oiaa, ada bahan mengenai analisis data deskriptif kuantitatif, ekonometrika, riset operasi dan simulasi statistik ga pak?

  7. Slamet Al Matra April 5, 2011 pukul 6:07 am

    untuk menentukan nilai ujian terkecil di ambil 31 knapa tidak 35 apakah nilai ujiannya tersebut akan sama ga..? hasilnya 31- 40 dengan 35-45 fi dan f komulatifnya ?

    • Smartstat April 5, 2011 pukul 4:03 pm

      Bisa saja nilai yang diambil untuk batas bawah kelas pertama = 35. Penentuan nilai batas bawah kelas pertama sudah di bahas di atas. Pilih sembarang nilai asalkan frekuensi pada kelas pertama tersebut tidak bernilai 0. Jelas apabila batas bawahnya berbeda, nilai fi dan f kumulatifnya pun akan berbeda… 🙂

  8. Lyn April 15, 2011 pukul 5:17 am

    syukron ats info’a. ^_^

  9. Furydenny Mei 11, 2011 pukul 4:38 pm

    Mohon bantuannya Pak, saya sedang kesulitan dalam menghitung batas kelas atau interval kelas. Begini permasalahannya, diketahui batas bawah = 24 dan batas atas = 120, sehingga diketahui interval kelasnya 19,2. Yg menjadi masalah adalah kelas yang diinginkan adalah sebanyak 5 kelas. bagaimana cara membaginya kedalam masing2 kelas? Karena nantinya hal ini akan penting digunakan untuk mengukur persepsi seseorang terhadap suatu produk, sebagai penelitian skripsi saya. Matur nuwun.

  10. ilman Mei 22, 2011 pukul 9:00 am

    Terima kasih atas info yang Bapak berikan.Sangat informatif khususnya untuk saya yang sedang mengerjakan skripsi. 🙂
    Pertanyaan:
    1. Apakah bisa mendeteksi outlier dari distribusi frekuensi? Apa sebelum membuat distribusi frekuensi harus dicari dulu outlier-nya dan dibuang?
    2. Pada grafik Ogive, apa bagian frekuensi bisa diganti jadi frekuensi relatif (%) ??

    Mohon bantuan Bapak 🙂

    • beta Juli 23, 2011 pukul 10:49 am

      kalau ada kejanggalan data seperti 2 31 41 41 45 47 48 51 53 54 55 56 57 57 57 58 dst gm cara mencari frekuensi terbukanya??? mhon di bantu

  11. beta Juli 23, 2011 pukul 10:51 am

    data sampai 97

  12. beta Juli 23, 2011 pukul 10:57 am

    di ket kelas 7 interval kelasnya 14 data sbg berikut:
    2 31 14 14 14 45 47 48 51 53 54
    55 56 57 57 57 58 59 61 61 62
    62 64 65 65 66 67 67 68 69 69
    70 70 70 71 71 73 74 75 75 76
    79 80 80 82 82 84 85 90 92 97
    gm membuat tabel frekuensi dan rata2 nilai ujian
    thanks

    • smartstat Oktober 11, 2011 pukul 11:12 pm

      Wah sepertinya dah telat balasnya nih 🙂
      Maaf, saya baru sempet ngontrol comment di WP.
      Karena dah telat, serta kasusnya mirip dengan contoh yang sudah diuraikan di atas, mungkin ada rekan yang bisa membantu menyelesaikannya?
      – Urutkan data, biasanya diurutkan dari nilai yang paling kecil
      – Tentukan range (rentang atau jangkauan)
      – Tentukan banyak kelas yang diinginkan.
      – Tentukan panjang/lebar kelas interval (p)
      – Tentukan nilai ujung bawah kelas interval pertama
      🙂

  13. lala September 16, 2011 pukul 5:20 pm

    mohon bantuannya pak.. saya kesulitan dalam membuat tabel distribusi frekuensi dengan desimal…
    range data = 24,6 – 7,3 = 17,3 dengan banyak kelas 7,188 (dg pembulatan menjadi 7). klo dhitung panjang kelasnya menjadi 2,5 . yg saya bingungkan bagaimana tabel distribusi frekuensinya?
    mohon bantuannya pak, trimakasih

  14. Ryan September 18, 2011 pukul 7:33 pm

    Makasih banget loh ini rumus rumus mat nya, sangat membantu untuk ulangan semester besok!
    God bless you

  15. Merdian Khairad September 20, 2011 pukul 8:20 pm

    hhmm.. mAteri ttg statistik frequensi ini sesuai bgt sama yg saya pelajari d smster sekarang..:)
    mmm.. pak,, bisa bantuin saya ngak gimana cara bikin diagram balok, histogram, diagram lingkaran, n Ogive dari progrAM SPSS ??
    makasih sbelumnya _^

  16. Andrey Baguz September 22, 2011 pukul 10:33 pm

    mas saya mau tanya,,,buat data 100 nilai variabel dibuat DF 4 kelompok dengan range 50.
    gmna cara penyelesaiannya,,sya bingung dengan itu,mohon bantuannya ya ,,,makash sebelumntya

    • smartstat Oktober 11, 2011 pukul 10:47 pm

      Maksudnya 4 Kelompok = 4 Kelas???

      Aturan Sturges:
      banyaknya data (n) = 100	
      Range              = 50	
      Banyak Kelas       = 1 + 3.3(log(100) = 7.6	~ 8
      Panjang Kelas      = 50/8 = 6.25 ~ 6
      
      Kalau mau dibuat 4 kelas:
      Aturan Sturges:
      banyaknya data (n) = 100	
      Range              = 50	
      Banyak Kelas       = 4
      Panjang Kelas      = 50/4 = 12.5 ~ 13 
      (untuk memudahkan perhitungan sbnrnya bisa juga dibulatkan ke 10 atau 15, panduan di atas hanya sekedar gambaran saja)
      
      • Nia Linda Maret 19, 2020 pukul 6:04 pm

        Pak, saya ingin bertanya bagaimana dengan soal yang menyusun suatu data dengan metode sturges ( batas bawah dan batas atas harus berbeda untuk masing – masing orang )

  17. Budi Wijaya Berjaya Oktober 9, 2011 pukul 1:01 pm

    Benarkah kalau misal saya bertanya tentang seputar ilmu statistik di kuliah. apakah Anda bersedia menjawab kesulitan yang saya hadapi. kemungkinan kalau pesan ini dibalas saya langsung kasihkan apa masalah saya. terimakasih

  18. bima agung pamuji Oktober 11, 2011 pukul 2:24 am

    sangat membantu dalam menyelesaikan tugas, terimakasih

  19. puput Oktober 11, 2011 pukul 9:57 am

    trus cara penyusunan distribusi komulatif relatif gimana ea……… mohon bantuannya…….. terima kasih…..

    • smartstat Oktober 11, 2011 pukul 10:28 pm

      Nilai frekuensi pada kelas tersebut dibagi dengan banyaknya data keseluruhan.
      Contoh:
      frekuensi kurang dari 30.5 = 0, maka frekuensi relatifnya = 0/80*100% = 0.00%
      frekuensi kurang dari 40.5 = 2, maka frekuensi relatifnya = 2/80*100% = 2.50%
      dst..

      Nilai Ujian       |  f kum <  |  f kum rel <
      ---------------------------------------------------
      kurang dari 30.5  |  0          |  0.00%
      kurang dari 40.5  |  2          |  2.50%
      kurang dari 50.5  |  5          |  6.25%
      kurang dari 60.5  |  10         |  12.50%
      kurang dari 70.5  |  23         |  28.75%
      kurang dari 80.5  |  47         |  58.75%
      kurang dari 90.5  |  68         |  85.00%
      kurang dari 100.5 |  80         |  100.00%
  20. dila Oktober 14, 2011 pukul 1:45 am

    nama lainnya selangkelas apa ya pak? makasih infonya membantu untuk materi PWK di sma saya. 😀

  21. attewhh Oktober 16, 2011 pukul 10:15 am

    pak mau nnya nih cr penghitungan persentase yg kumulatif kurang dari sama lebih dari gmna ya? mhon d,bls cepetanya *untukbahan persentse besok* hhii
    trmksih sblm,a pak

  22. OGES Oktober 22, 2011 pukul 10:32 pm

    izin pak… mau nanya, bagaimana bentuk tabel frekuensi distribusi secara lengkap (ada gambar histogramnya juga) untuk soal seperti berikut ini:
    Data penduduk umur 50 Tahun ke atas dari 35 kabupaten/kota di Jateng adalah (dalam ribuan)..? 76 78 40 39 71 54 36 64 53 80
    38 68 36 45 56 47 26 59 20 42
    33 45 33 42 29 30 52 55 65 8
    37 5 55 8 7

  23. sarn Oktober 28, 2011 pukul 5:56 pm

    bagaimana kira kumulatif frekuensi ( cnth who did not score 10 ) dengan guna dalam graph polygon excel

  24. Erwin November 9, 2011 pukul 12:52 pm

    Sy merasa snanx dgx ad’y matery in! Terimakasih

  25. rahmad rullah usman Desember 10, 2011 pukul 9:52 pm

    dbwah ini tinggi bdan 100siswa sbuah SD dalam cm
    tinggi badan
    kurang dr 59,5 0
    kurang dr 69,5 5
    kurang dr 59,5 23
    kurang dr 69,5 65
    kurang dr 59,5 92
    kurang dr 69,5 100
    hitunglah a. rata2 tinggi badan b. modusnya

  26. Eky Desember 20, 2011 pukul 12:37 pm

    pak saya mau tanya. kalau data saya desimal, rentangnya 10,85 terbesar dan trkcil 7, 20 bnyak klasnya 7 maka kalau djumlh hsilnya 1 lalu bgmana mmbuat kls intrvlnya pak? terimakasih pak.

  27. dayah Februari 4, 2012 pukul 10:08 am

    apa perbedaan nilai kontinue dan diskrit itu ya??

  28. Anna Evi Februari 7, 2012 pukul 8:01 pm

    pak mohon penjelasan tentang ogive saya kurang mengerti

  29. bahrul asfar Februari 27, 2012 pukul 2:51 pm

    ini tugas 1 kampuzz gk bisa pak,mohon BANTUANnya
    jka diket TPB 3,4,5 intervl klas(c)=6.
    dgn frekuensi absolut 4,5,6,3,2,8,9,mka buatlah distribusi frekuensi lengkap.
    dri 22,22,22,22,22,22,22,23,23,23,23,23,
    24,25,26,26,27,27,27,27,28,28,28,28,
    29,29,29,30,30,30,30,31,31,31,32,32,
    33,33,33,34,34,34,34,34,35,35,36,36
    37,37,39,40,40,41,41,44,44,44,45,45,45,45,

  30. Florensia Cristy Februari 27, 2012 pukul 10:11 pm

    diketahui data 40 42 44 46 48 50 53 55 57 60 61 65 66 68 69 71 77 78 79 80
    mengapa saya tidak dapat membuat interval kelas ny dengan tepat dari soal tsb
    sedangkan pada soal laen ato soal yg diberikan oleh dosen bisa saya buat interval kelas yg tepat selalu kurang satu angka ato lebih dari satu angka misalny 79 atau 81 batas akhirnyaa
    mohon saran atau koreksiny
    terima kasih sebelumnyaaa

  31. yuda Maret 5, 2012 pukul 6:58 am

    asslm pak..mau tanya klo soal DF nya gini pak
    banyak pegawai banyak perusahaan
    sampai dengan 9 63
    10-24 101
    25-49 114
    50-99 87
    100-249 105
    250-499 49

    gmna mencari kuartil dan modusnya pak?
    mkasih pak

  32. yuda Maret 5, 2012 pukul 6:59 am

    asslm pak..mau tanya klo soal DF nya gini pak
    banyak pegawai banyak perusahaan
    sampai dengan 9 63
    10-24 101
    25-49 114
    50-99 87
    100-249 105
    250 dan lebih

    gmna mencari kuartil dan modusnya pak?
    mkasih pak

  33. nana Maret 7, 2012 pukul 12:19 pm

    mau tnya.. Data d bawah ini mrupakan data klahiran penduduk di jawa periode 1955-1959:
    32,5 34,8 32,8 39,8 32,4 27,8 33,1 35,8
    34,2 18,5 40,6 32,9 34,2 37,3 27,3 29,8
    20,7 31,2 32,4 27,8 35,1 25,7 37,4 39,7
    44,3 32,0 18,2 40,7 34,5 37,6 28,6 33,8
    42,0 43,2 35,8 32,5 30,0 36,0 36,2 33,1
    36,5 31,6 31,6 15,8 39,0 37,2 29,7
    42,8 33,1 43,1 43,1 43,1 35,0 34,5
    33,3 27,6 30,6 29,6 13,0 36,1 30,1
    41,7 43,7 37,5 41,7 35,7 29,6 42,9
    38,5 37,6 36,8 30,8 30,2 32,2 33,4
    gimana cara buat daftar distribusi frekuensi dengan menggunakan aturan sturges??

  34. irfan muhammad Maret 14, 2012 pukul 12:06 am

    bagaimana cara mengetahui distribusi frekuensi secara lengkap apabila yang diketahuinya titik tengah :

    titik tengah
    34.5
    44.5
    54.5
    64.5
    74.5
    84.5
    94.5

  35. hadrianti Maret 29, 2012 pukul 10:28 am

    Pak saya mau nanya gmna klo trdapat 50 data
    datanya sbb:
    25 26 27 27 28 29 30 31 32 33
    33 34 35 35 36 37 38 39 40 41
    42 44 45 47 50 51 53 57 58 59
    61 63 64 65 67 69 70 75 77 79
    80 81 82 83 84 85 86 87 88 89
    gmna cr menentukan pnjang/lbr interval klsx klo jumlah klsx ada 7.
    trim’s…..

  36. nina Mei 18, 2012 pukul 2:23 am

    makasih buat isi makalah nya, mantap banget gan 🙂

  37. Fitri Mepy Juni 6, 2012 pukul 2:55 pm

    kalau untuk menentukan signifakasi pengaruh, statistiknya sprt apa?

  38. Fiabri Sheo Juni 9, 2012 pukul 11:53 pm

    bagaimana Membuat data perhitungan frekuensi teoritik (Fe) dan frekuensi pengamatan (Fo)..padahal sdikit lagi dataku selesai. pas Membuat data perhitungan frekuensi teoritik (Fe) dan frekuensi pengamatan (Fo) gak tau. Proses Numerik Pengujian Normalitas Data Hasil Belajar Siswa
    Kelas eksperimen
    Menentukan Panjang Rentang (R)
    R = skor terbesar – skor terkecil
    = 77- 36
    = 41
    Menentukan Banyaknya Kelas (K)
    K = 1 + 3,3. Log n
    = 1 + 3,3. Log 26
    = 1 + 3,3. 1,41
    = 1 + 4,653
    = 5,653
    = 6 (dibulatkan)
    Menentukan Panjang Kelas (P)
    P = R/K
    = 41/6
    = 6,83
    = 7 (dibulatkan)

    Menentukan Frekuensi
    Tabel : Distribusi Frekuensi
    No Kelas Interval Frekuensi Absolut Frekuensi Relatif
    (%)
    1 36-42 2
    2 43-39 2
    3 50-56 2
    4 57-63 2
    5 64-70 9
    6 71-77 9
    Jumlah 26 100

    Menentukan panjang kelas interval
    Tabel : Panjang Kelas Interval
    No Kelas Interval F Nilai Tengah
    (Xi) Xi2 F. Xi F. Xi2
    1 31-34 1 32,5 1056,25 32,5 1056,25
    2 35-38 2 36,5 1332,25 73 2664,5
    3 39-42 9 40,5 1640,25 364,5 14762,25
    4 43-46 5 44,5 1980,25 222,5 9901,25
    5 47-50 4 48,5 2352,25 194 9409
    Jumlah 21 202,5 8361,25 886,5 37793,25

    Menghitung nilai rata-rata (X ̅)
    X ̅ = (∑f.xi)/n = 886,5/21 = 42,21
    Simpangan baku
    S = √((N∑Fi.x^( 2 )–(∑Fi-xi)2)/(N ( N-1)))
    = √((21X37793,25–(886,5)^2)/(21 ( 21-1)))
    = √(7776/420)
    = √18,51
    = 4,3
    Membuat data perhitungan frekuensi teoritik (Fe) dan frekuensi pengamatan (Fo)
    …………………………………..

    • icha Juni 19, 2015 pukul 12:05 pm

      kak cara menghitung log itu bagaimana kok bisa hasilnya 1,41 K = 1 + 3,3. Log n
      = 1 + 3,3. Log 26
      = 1 + 3,3. 1,41
      = 1 + 4,653
      = 5,653
      = 6 (dibulatkan)

  39. satrio Agustus 4, 2012 pukul 8:20 am

    kak kumulatif kurang lebih darinya ada gak?
    tolong dong saya butuh
    trims

  40. New Senove'd September 6, 2012 pukul 10:38 pm

    untuk mencari nilai yang sebenarnya gimana kak??

  41. agus September 22, 2012 pukul 10:17 am

    Aslm. apa ada rumus ataupun ketetapan tertentu dalam pembulatan nilai dalam menentukan banyak kelas (menggunakan metode sturgess) dan juga menentukan panjang kelas?
    misalnya: ketika nilainya 7,12 dibulatkan ke 7 atau ke 8? dan juga ketika nilainya 7,87 dibulatkan ke 7 atau ke 8? atau seenaknya sendiri dalam pembulatan tersebut. tolong di balas ya. trimakasih pak. ^_^

  42. synthia September 24, 2012 pukul 3:52 pm

    makasih banyak pak buat ilmunya. sangat berguna buat saya. 😉

  43. wulan September 28, 2012 pukul 8:06 pm

    Tabel 1. Data 40 mahasiswa Pengantar Statistik Sosial FISIP-UT

    80

    84

    90

    70

    90

    87

    81

    74

    91

    97

    88

    73

    92

    88

    85

    88

    72

    79

    75

    66

    65

    90

    89

    63

    83

    90

    86

    68

    87

    73

    92

    93

    63

    68

    70

    85

    89

    78

    84

    70

    Soal:
    Lakukan penyederhanaan terhadap data kuantitatif di atas dengan cara (1) menentukan banyaknya kelas dan (2) menentukan interval kelas yang akan digunakan.

  44. aldy Oktober 8, 2012 pukul 6:26 am

    gimana kalo disoal yang saya punya
    interval profitabilitas jumlah perusahaan
    16-18 12
    18-20 36
    20-22 14
    22-24 8
    24-26 4
    26-28 1

    bagaimana cara mencari frekuensinya ?

  45. zaky Oktober 9, 2012 pukul 8:33 pm

    bagaimana cara membuat diagram batang sama diagram pie dri data2 di atas?

  46. Daniel Victor Saragi Sidabalok Oktober 10, 2012 pukul 9:00 am

    pak buatkan contoh 1 soal yang banyak datanya 100 pak
    tolong ya pak

  47. haura Oktober 15, 2012 pukul 4:00 pm

    Mohon dibantu
    Diketahui ada 5 kelas, dan nilai distribusi frekwensi sbb :
    Nilai Frek
    40 1
    50 2
    60 4
    70 6
    80 7
    90 8
    100 8
    110 8
    120 7
    130 6
    140 4
    150 2
    160 1
    Jumlah 64
    Pertanyaan :
    1. Bagaimana menentukan rentang interval dari data tsb di atas?
    2. Apakah diperlukan adanya interval terbuka ?

    Terimakasih atas bantuannya

  48. haura Oktober 16, 2012 pukul 8:11 am

    Mohon dibantu
    Diketahui ada 5 kelas, dan mempunyai nilai distribusi frekwensi sbb :
    Nilai Frek
    40 1
    50 2
    60 4
    70 6
    80 7
    90 8
    100 8
    110 8
    120 7
    130 6
    140 4
    150 2
    160 1
    Jumlah 64
    Pertanyaan :
    1. Bagaimana menentukan rentang interval dari data tsb di atas?
    2. Apakah diperlukan dari data tsb, adanya interval terbuka ?

    Terimakasih atas bantuannya

  49. zeny Oktober 27, 2012 pukul 9:30 pm

    pak tolong dibantu yaa…..
    kelas fi(abs) fr(relatif) xi fi.xi log xi fi log xi fi/xi
    31-40 2 2,5 35,5 71 1,550 3,100 0,05
    41-50 3 3,75 45,5 136,5 1,658 4,974 0,06
    51-60 4 5 55,5 222 1,744 6,977 0,07
    61-70 14 17,5 65,5 917 1,816 25,427 0,21
    71-80 24 30 75,5 1812 1,877 45,070 0,31
    81-90 21 26,25 85,5 1795,5 1,931 40,571 0,24
    91-100 12 15 95,5 1146 1,980 23,760 0,12

    jumlah 80 100 458,5 6100 12556 149,879 1,06
    pertanyaan saya pak,, 1. bagimana cara menghitung varians dan simpangan baku dengan menggunakan cara biasa dan cara sandi(cording)? (dengan melihat daftar distribusi frekuensi di atas)
    2. bagaimana cara membuat poligon frekuensi dan histogram dengan melihat daftar distribusi di atas?

  50. singgih November 1, 2012 pukul 12:08 pm

    buat tabel distribusi frenkuensi dengan kelas pertama
    118 – 127
    128 – 137
    138 – 147
    148 – 157
    158 – 167
    168 – 177

  51. hilya Desember 5, 2012 pukul 10:13 pm

    masih belum mengerti tentang distribusi sebaran data, saya baru belajar materi tsb, msh semester awal..

  52. ireni Januari 4, 2013 pukul 7:26 am

    thanks a lot Pak…

  53. Ahmad Hafizin Maret 10, 2013 pukul 4:33 pm

    Numpang tanya, mungkinkah menggambar histogram hanya bermodalkan median, modus dan mean saja?

  54. Lili April 2, 2013 pukul 6:01 am

    pak, saya mau nanya klo analisa data untuk lembar obsrvasi itu sebaiknya gmn?
    saya bimbingan ma dsen, suruh make jemari mardapi..
    tp saya masih bingung..trimaksih

  55. kezia Mei 12, 2013 pukul 10:56 pm

    boleh minta emailnya?? untuk tanya2 tentang statistik. terima kasih =)

  56. itno Mei 21, 2013 pukul 12:22 pm

    permisi pak,apa bener rumus dalam menentukan,RENTANG DATA,”(data tertinggi)-(data terendah)+(1)” contohnya sperti ini pak rentang data “(93-13)+1=80+1=81” bener nggak tu pak atau nggak pake +1??

  57. Veddy VaiderCristiowara Juni 28, 2013 pukul 3:07 am

    Slamat malam pak,…dan salam sejahtera..
    pak saya minta tolong untuk menjawab pertanyaan soal ini…
    Namun sebelum nya…..sekian banyak trima kasih
    Data nilai statistika
    72 60 56 40 40 64 64
    44 52 52 56 56 52 56
    56 56 44 72 68 64 60
    28 44 60 40 52 52 72
    44 60 64 52 56 56 60
    64 60 36 52 44 41 43

    pertanyaan nya :
    1.Buatlah tabel distribusi frekuensi untuk data diatas dengan menggunakan prosedur yang telah ditentukan.
    2,Kemudian hitunglah : mean, median, modus, Kuartil (K1, K2 & K3), Variansi dan standart devi

  58. mpik Agustus 6, 2013 pukul 10:02 pm

    slmat malam pak…
    saya mau bertanya..
    jika A=5,B=0,c=3 dik data sbb,
    3A+3 4C+5 2C+3 2A+4 3B+1 4A+2 2A+4 3B+1
    2B+A 2C+3 5A+1 4B+4 3A+5 4B+6 7A+5 5C+9
    6A+6 7C+5 8B+2 9C+1 7B+2 8A+1 9A+6 8C+4
    7C+5 8A+9 5B+5 7C+7 5A+3 9B+3 8C+6 7A+4
    9C+4 2C+3 9B+8 7A+5 8A+6 4C+6 6B+4 4B+6
    dit:
    – tabel distribusi frekuensi dgn aturan sturges
    – mean median dan modus
    – desil 6 dan desil 1
    – persentil 44 dan persentil 78

    mohon bantuannya pak..!!
    trims

  59. Ratzman III Agustus 31, 2013 pukul 4:37 am

    Terima kasih, dan cukup membantu saya dalam menerangkan materi ini dalam kelas, Derist Touriano

  60. Mulki Fatahillah September 2, 2013 pukul 12:05 pm

    permisi pak, saya ingin bertanya, bagaimana cara menentukan selang kepercayaan atau interval kepercayaan antara 95 % atau 100 %? serta alasan pemilihan nya pak?
    mohon bantuan nya pak. terima kasih

  61. eney September 7, 2013 pukul 2:21 pm

    Wuih membantu saya dalam belajar MTK. Materi kelas XI SMA semester satu nih thankyou!

  62. Renita Nihayati Itoe Akoe September 16, 2013 pukul 9:17 pm

    Mohon bantuannya pak, bagaimana cara membuat tabel distribusi frekuensi untuk data IP semester??? apakah menggunakan norma umum penilaian IPK atau harus dibuat seperti layaknya membuat TDF?

    Ditunggu sangat balasannya, terima kasih sebelumnya

  63. aulias sufi Oktober 7, 2013 pukul 12:37 am

    infonya bagus bgd gan gampang bgd ternyata statistik , biarpun gue masih sd kls 6 gue langsung bisa

  64. Meila Andriani Oktober 10, 2013 pukul 11:38 am

    gmn sh cra mncri hsil frkuensinya, bngung bgt, tlong bntu y

  65. arda Oktober 12, 2013 pukul 8:25 am

    permisi, mohon bantuanya pak, urgent skali. saya punya skala dr 1-5 dan 25 deskriptor. jadi nilai terendah 25, nilai tertinggi 125. bagaimana cara membuat jarak interval antara kelopok 1 sampai kelompok 5. terimakasih mohon bantuannya. pleaseeeeeeeeeeeeeeee

  66. ellsa November 22, 2013 pukul 12:33 pm

    maaf pa saya mau minta bantuan nya,saya mau menayakan tentang range.suatu penelitian menganmbil sampel dengan banyak anggota 100.range data sampeltesebut 80.data tersebut akandisajikan dalam tabel distribusi frekeunsi nilai kelompok dengan bantuan aturan strugess panjang interval kelasnya.terimaa kasihh

    di tunggu balesan nta segera pak

  67. wawan November 30, 2013 pukul 12:12 am

    mohon maaf sblumnya pak, saya mau bertanya. untuk mentukan interva pada sebuah tabel distrubsi frekuensi jika jumlah kelasnya ada 7 dan range yang x.nya 12 ! saya bingung untuk menetukan bilai batas bawahn data tersebut 18!

  68. jimbo April 1, 2014 pukul 1:09 pm

    58 48 22 49 78 59 27 41 68 5434 80 68 42 73 51 76 45 32 5363 32 64 47
    58 48 22 49 78 59 27 41 68 54
    34 80 68 42 73 51 76 45 32 53
    63 32 64 47 76 58 75 60 35 57
    73 38 30 44 54 57 72 67 51 86
    25 37 69 71 52 25 47 63 59 64
    nilai ujian statistika 50 mahasiswa FEUI Tahun 2013 , hitunglah frekuensi , bantu saya bang , please saya kurang paham , terima kasih semoga mendapatkan pahala yg berlimpah , amiiin

  69. hilman Maret 24, 2015 pukul 9:57 am

    kalau soalnya seperti ini bagaimana ?
    Data 40 mahasiswa Pengantar Statistik Sosial FISIP-UT
    80 84 90 70 90 87 81 74
    91 97 88 73 92 88 85 88
    72 79 75 66 65 90 89 63
    83 90 86 68 87 73 92 93
    63 68 70 85 89 78 84 70

    Soal:
    Lakukan penyederhanaan terhadap data kuantitatif di atas dengan cara (1) menentukan banyaknya kelas dan (2) menentukan interval kelas yang akan digunakan.

  70. agus suharyadi Mei 4, 2015 pukul 4:08 pm

    mas tolong ksih kasus yg data nya 100
    terima kasih

  71. Arswendi Mei 18, 2015 pukul 6:51 pm

    saya mau nanya nih ..
    Bagaimana ya ?? kalau panjang kelas yang diperoleh dari rentang nilai yang saya hitung ada 8 dibagi dengan banyak kelas dari rumus strugess itu 6,5 sehingga panjang kelasnya diperoleh 1,23 . Jadi,, apakah bisa dibuat tabel distribusi frekuensinya dan kalau bisa bagaimana model tabelnya ??
    tolong dijawab ya .. terimakasih

  72. widia September 17, 2015 pukul 10:48 am

    .saya mahasiswa islam pak. disuruh bikin data frekuensi se banyak 30 turus sekaligus diagramnya. mhon bantuannya pak.

  73. Casdirah September 19, 2015 pukul 4:19 pm

    Halo, mau tanya dong. Jika ada soal di mana kita sudah mencari dan mendapatkan jumlah kelas dan interval kelasnya dengan metode seperti di atas, kemudian saat menentukan kelas, datum terkecil sebagai batas bawah kelas pertama dan seterusnya sampai ke jumlah kelas yang telah ditentukan. Masalahnya pada kelas terakhir, datum terbesar belum masuk, sedangkan interval dan jumlah kelas telah sesuai dengan yang dicari sebelumnya.
    Contoh, datum terkecil 500 dan datum terbesar 800. Jumlah data 25.
    R = 800-500=300
    K = 1+ 3.3 (Log 25) = 5.6 (dibulatkan jadi 6)
    I = 300/6 = 50
    Kelas :
    500-549
    550-599
    600-649
    650-699
    700-749
    750-799 >>>>>> datum terbesar (800) belum masuk sedangkan kelas telah mencapai 6 kelas.

    Jika yang dipakai K = 5, I = 300/5 = 60 maka kelas :
    500-559
    560-619
    620-679
    680-739
    740-799 >>>>>> datum terbesar (800) belum masuk sedangkan kelas telah mencapai 5 kelas.

    Tolong bantuannya ya bagaimana cara memecahkan soal seperti ini atau apakah ada metode lain yang bisa digunakan untuk soal seperti ini.

    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

  74. Rohadi Astaf Fauzi Oktober 1, 2015 pukul 1:51 pm

    Nilai ulangan Matematika kelas XII sebagai berikut :
    60,20,68,32,24,21,19,23,53,63,
    31,24,48,49,58,28,42,16,31,23,
    42,35,50,54,59,32,31,43,41,32
    a. Buat daftar distribusi frekuensi data kelompok untuk data di atas dengan panjang kelas 5!
    b. Buatlah daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari!

    tlong jawab yaa pak atau kak ? mohon bantuannya .

  75. ayu Oktober 15, 2015 pukul 12:32 am

    maaf pak, saya ingin bertanya
    apa ada cara cepat untuk mengurutkan data kasar (data yg belum d urutkan) yg skalanya lebih dr 100 data ?

  76. ika Juni 3, 2016 pukul 10:07 am

    Maaf pak, saya juga ingin bertanya, jika kita punya dataset yang terbagi dalam beberapa variabel data, yang ingin dibentuk dalam beberapa kelas. apakah benar jika saya menerapkan teknik yang sama dengan ini berulang kali, atau ada teknik lain yang tepat untuk itu?
    mis ;
    dataset_siswa:
    var_tinggi : 100.2 102.5 105.3 100.8 100.2 105.1 105.3, 100.2
    var_berat : 40.3 43.2 40.2 41.4 43.2 40.3 42.7 42.7
    note : banyaknya data kedua variabel adalah sama.
    Terimakasih.

  77. jessi September 8, 2016 pukul 3:35 pm

    sangat membantu sekali dalam penyelesaian tugas saya, trima kasih banyak

  78. yeni Oktober 6, 2016 pukul 9:23 pm

    Tolong Cara menentukan fk (kelas sebelum median) dong unuk anak sma

  79. Rizka🦄🌸 (@kauliaSH) November 22, 2016 pukul 8:22 am

    untuk membuat programnya, apakah bapak bisa dan tahu source codenya? thanks..

  80. Sernanda Fitrania (@Sernandaaa_) Februari 14, 2017 pukul 8:02 pm

    data dibawah ini menunjukkan hasil rata-rata gula tebu dalam kuintal per hektar selama periode 1977/1978 di 69 negara.
    143, 170, 254, 257, 269, 286, 299, 300, 300, 316, 320, 322, 322, 340, 357, 380, 393, 398, 400, 400, 404, 449, 455, 459, 462, 467, 672, 476, 478, 480, 482, 494, 500, 508, 508, 518, 535, 546, 549, 602, 603, 605, 640, 649, 657, 659, 664, 678, 685, 695, 697, 698, 699, 703, 703, 719, 750, 761, 766, 773, 800, 816, 833, 849, 850,917, 920, 977, 1054 .
    a). buatlah distribusi frekuensi dengan batasan kelas terbawah = 100 dan interval kelas = 100 . bisa ajarkan saya bagaimana cara menyelesaikannya ?

  81. Salma April 7, 2017 pukul 10:39 pm

    Pak mau nanya, bagaimana mencari interval jika diketahui
    Titik tengah kelas. Frekuensi
    300. 100
    500. 75
    700. 125
    900. 75
    1100. 50
    1300. 50
    1500. 25

  82. diyahverynice Oktober 19, 2017 pukul 10:32 am

    Mau tanya kalo datang itu
    Persentase kehadiran Jumlah
    _50%_70%_90. 7

    Dari data diatas
    A. Cari titik tengaj kelas ke 3
    B. Berapa persen jumlah siswa yang boleh mengikuti ujian jika ujian mensyaratkan presensi kehadiran minimal 70%
    C. Berapa persen siswa yang harus harus mengulang .

  83. Sandi November 15, 2017 pukul 11:12 am

    Berikut adalah data nilai statistik 80
    79 49 45 74 51 98 87 80
    80 84 90 70 91 93 82 78
    70 71 92 38 56 81 74 73
    68 72 85 51 65 93 83 86
    90 35 83 73 74 43 86 68
    92 93 76 71 90 72 67 75
    80 91 61 72 97 91 88 81
    70 74 99 95 80 59 71 77
    63 60 83 82 60 67 89 63
    76 63 88 70 66 48 70 75

    Tentukan
    Kelas interval dg rentang 10
    Mean
    Median
    Modus
    Varians

    Tolong bantu min, hasilnya gimana,?

  84. Pingback: Distribusi Frekuensi – Elisa Angelina

  85. Hilmi Oktober 20, 2018 pukul 8:38 am

    Interval frekuensi
    50-54= 4

  86. Hilmi Oktober 20, 2018 pukul 8:45 am

    Interval frekuensi
    50-54= 4
    55-59=6
    60-64=8
    65-69=10
    70-74=8
    75-79=4
    Tentukan lah:
    A. Rotasi hitung
    B. Modus
    C. Q1, Q2, (median), Q3
    D. Simpangan

    Tolong jawab ya, karena lagi bikin makalah

  87. dianita Oktober 27, 2018 pukul 4:23 am

    ijin mencuplik ya unttuk tugas mata kuliah saya ..terimakasih…

  88. sari November 7, 2018 pukul 1:33 am

    Mohon bantuannya pak. Jika data sbb:
    48 32 38 37 30 35 40
    34 42 35 47 50 40 46
    43 35 45 38 34 38 38
    36 40 39 42 35 44 34
    Bagaimana cara menentukan distribusi frekuensi dengn metode Sturgess. Dan menentukan Mean, median dan modus nya ?

  89. Herni September 10, 2019 pukul 7:16 pm

    Kk seandainya soalnya kayak gini”dari sebaran data yg besarnya 100 data sebagai skor statistika dasar mahasiswa fisika.buatlah tabel frekuensi. Hitunglah maen,media,dan model”.
    itu cara kerjanya kayak gimana kk?

  90. Amah Maret 24, 2020 pukul 8:58 pm

    Sanhat membantu nih makasih banyak yoo

  91. Si Emon Maret 30, 2020 pukul 9:22 pm

    selamat malam, saya mau bertanya, apakah sebaran data mempunyai standar ideal? apa standar idealnya suatu sebaran data?

  92. Wahidatul April 1, 2020 pukul 8:29 am

    Tolong jawab!
    Jika rataan hitung dari tabel distribusi frekwensi 10 maka nilai p??
    Data. Frekwensi
    1-5. 4
    6-10. 15
    11-15. 7
    16-20. P
    21-25. 1

    a. 1
    b. 2
    c. 3
    D. 4
    E. 5

    Tolong saya!!!

  93. Media April 12, 2020 pukul 3:02 pm

    Bagaimana menghitung panjang kelas jika
    Nilai tertinggi = 95 . Nilai terendah 53. Dan jumlah data 50?
    Yang saya hitung ko salah. Salah di mana ya?
    Kelas interval tidak bisa mencakup nilai 53 dan 95 dalam satu tabel

  94. sap'atun Mei 12, 2020 pukul 10:45 am

    mohon bantuannya. Seorang psikolog mengklaim bahwa simpangan baku dari laki-laki dan perempuan memiliki bias 10% dan 15% . Andaikan dipilih secara random 7 perempuan dan 12 laki-laki dari populasi. Standar deviasi untuk bias pada laki-laki dan perempuan 12% dan 14%. Hitung titik persentase dari distribusi F.

  95. Elsa Juni 29, 2020 pukul 7:14 pm

    Seorang psikolog mengklaim bahwa simpangan baku dari laki-
    laki dan perempuan memiliki bias 10% dan 15% . Andaikan
    dipilih secara random 7 perempuan dan 12 laki-laki dari
    populasi. Standar deviasi untuk bias pada laki-laki dan
    perempuan 12% dan 14%. Hitung titik persentase dari
    distribusi F.

    Tolong dibantu ya kak

  96. Defriana liunesi Agustus 9, 2020 pukul 2:10 pm

    Makasih untuk penjelasannya.
    Tapi saya tidak mengerti🙏🙏🙏.
    Tolong bantu saya kerja kan tugas ini.

    Jika di ketahui data hasil survei tentang produktivitas padi sawah di rata bena adalah sebagai berikut :
    15 5 11 7 9
    15 10 11 6 9
    15 10 8 6 13
    5 10 8 7 13
    5 12 8 9 14
    Berdasarkan data di atas maka susunlah daftar distribusi frekuensinya.

  97. Muhammad Rizky Octara Oktober 1, 2020 pukul 10:32 pm

    The accompanying data describe the hourly wage rates (dollars per hour) for 30 employees of an electronics firm:
    22.66 24.39 17.31 21.02 21.61
    20.97 18.58 16.61 19.74 21.57
    20.56 22.16 20.16 18.97 22.64
    19.62 22.05 22.03 17.09 24.60
    23.82 17.80 16.28 19.34 22.22
    19.49 22.27 18.20 19.29 20.43
    DARI INFORMASI TERSEBUT DI ATAS YANG BELUM DIKELOMPOKAN:
    Kelompokkan data tersebut menurut rumusan Sturges
    bantu aku siapapun kalo data nya desimal 2 angka dibelakang koma gimana yaa 😦

  98. Ita Puspitasari Oktober 24, 2020 pukul 5:59 am

    Andy mempunyai koleksi bambu ukuran sebanyak 70 buah,berikan data panjang bambu yg dimiliki oleh Andy dalam bentuk cm

  99. RONI AGUS SETIANTO Januari 27, 2021 pukul 10:28 pm

    Mau tanya Pak
    Misal panjang kelas ternyata 6.6 maka Panjang kelasnya
    6 atau 7 ya?

    Terimakasih

  100. fair muda Maret 20, 2021 pukul 10:25 am

    mohon bantuannya min
    17 19 12 10 20 19 23 22 21 16
    15 21 25 17 18 21 26 25 23 24
    22 20 27 29 30 31 32 21 22 24
    27 28 25 21 24 25 22 32 35 29
    18 20 27 31 34 33 36 37 39 31
    saya dapat
    K= 7
    R= 29
    p= 4
    tapi gk memenuhi nilai kelas min

  101. azkadani99 Agustus 5, 2021 pukul 4:24 pm

    Trimakasih banyak atas tulisan yang diberikan . .izin menjadikan refrensi materi Distribusi Frekuensi yang bapak paparkan diatas pada blog kami.

  102. Distribusi Frekuensi Oktober 11, 2021 pukul 4:28 pm

    maaf kak intuk mengerjakan soal distribusi frekuensi dengan penyederhanaan terhadap data kuantitatif di atas dengan cara (1) menentukan banyaknya kelas dan (2) menentukan interval kelas yang akan digunakan.. Apakah bisa langsung menggunakan langkah langkah diatas?

  103. Wulandari Oktober 29, 2022 pukul 7:15 am

    Diberikan data penelitian sebagai berikut:
    30, 25, 90, 42, 50, 45, 26, 80, 70, 70, 60, 45, 46, 50, 40, 78, 55, 43, 56, 58, 42, 52, 53, 68, 50, 40, 78, 36, 42, 35, 60, 85, 30, 68, 82, 27, 25, 75, 76, 74, 71, 72, 63, 63, 62, 65, 61, 50, 50, 51, 56, 58, 57, 64, 60, 65, 74, 70, 72, 90, 88, 88, 90, 75, 75.
    Tentukanlah
    1.Data distribusi frekuensi
    2.Modus
    3.Median
    4.Kuartil 1, desil 3, persentil 20
    5.Simpangan baku
    Tolong kak tugas statistika pendidikan

Tinggalkan komentar