Info:
Sebagian besar konten yang ada di site www.smartstat.wordpress dipindahkan ke situs yang baru:
www.smartstat.info
Tutorial SPSS, Excel, Minitab, etc
- Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Bergabung dengan 268 pelanggan lain
Top Posts
Arsip
Blog Stats
- 5.190.442 hits
Komentar Terbaru
Belajar Statistika pada Uji-t 2 Populasi dengan Ragam… | |
Wulandari pada Distribusi Frekuensi | |
Pengujian Koefesien… pada Mengenal Box-Plot (Box and Whi… | |
Rita pada Distribusi Frekuensi | |
Ayu putri sari pada Jenis-jenis Penelitian | |
imam pratama pada Variabel dan Data | |
Distribusi Frekuensi pada Distribusi Frekuensi | |
Gerbang Logika pada Perbandingan Kontras Ortogonal | |
Simpangan Baku pada Anava Regresi-Simpangan Model… | |
azkadani99 pada Distribusi Frekuensi | |
Kebunku pada Variabel dan Data | |
CATURR pada RANCANGAN ACAK KELOMPOK LENGKA… | |
Shenna Marder pada Distribusi Frekuensi | |
Darmansyah pada Slide Rancangan Acak Leng… | |
Darmansyah pada Uji-t 2 Populasi dengan Ragam… |
saya sangat butuh info ttg statistik terutama krn skrg sy lg nyusun skripsi. mohon bantuannya ya pak..
Selagi saya sempat dan mampu, Insya4JJl saya bantu..
aslamukalikm.bapak bisa tolong sy secara private online math homework thks and berapa sy harus bayar atau mcmana cr pembayaran
bantu dong kerjain tugas
bagaimana kalau datanya itu berkoma dan jaraknya sedikit sekali
contoh:
9.3 – 9.7
9.8 – 10.2
10.3 – 10.7
pada saat saya telah mendapatkan modus dan median. hasilnya tidak pas dengan letak kelas nilai tersebut.
jadi bagaimana? bolehkan data soal saya ubah menjadi 93 – 97
98 – 102
103 – 107
sudah saya cari dengan nilai ini, baru pas hasilny dengan letak kelasnya.
mohon jawabannya. terimakasih.
Apabila angka dibelakang koma ≥ satu digit??
Banyaknya digit untuk penentuan batas bawah/atas kelas tergantung pada tingkat ketelitian datanya. Misalnya apabila sumber data aslinya sprti ini: 3.4 4.5 6.7 dst (ada satu digit dibelakang koma), maka batas bawah/atas kelasnya pun mempunyai digit yang sama, ex:
(jika lebar kelas = 0.5)
3.0 – 3.4
3.5 – 3.9
4.0 – 4.5
dst
Atau jika lebar kelas = 3.0
3.0 – 5.9
6.0 – 8.9
9.0 – 12.9
Batas Kelas?? Batas kelas selalu dinyatakan dengan jumlah digit satu desimal lebih banyak daripada data pengamatan asalnya. Contoh: batas kelas untuk kelas pertama:
3.0 – 0.05 = 2.95 dan 5.9 + 0.05 = 5.95
Kelas 2: 6.0 – 0.05 = 5.95 dan 8.95
Apabila sumber datanya paling banyak 3 digit dibelakang koma, eks: 3.432; 4.543; 6.998 dst, maka penentuan batas atas/bawah kelas pun harus sesuai, ex:
jika lebar kelas = 3.0
3.000 – 5.999
6.000 – 8.999
9.000 – 12.999
Batas Kelas untuk kelas pertama: 2.9995 dan 5.9995
Penentuan berapa banyak kelas, lebar kelas, dst, bisa lihat pada ketentuan yang terdapat pada uraian di atas, misalnya: banyak kelas antara 5-20 tergantung banyaknya data, atau pakai aturan sturges: 1 +3.3 log(n)
TERIMA KASIH!!! 🙂
Mau tanya dong gimana klo dari data yang dihasilkan itu adh persentase kehadiran dan jarak rumah nya, bagaimana mnjadikan data distribusinya:
7km 99,3%
1,3km 95,83%
0,4km 95,83%
Bagaimana dijadikan data berdistribusi nya?? Mohon bantuan nya terima kasih
sebelumnya saya mohon bantuannya pak, saya mhs tk.akhir yg sedang skripsi, saat ini saya sedikit kebingungan dgn analisis data saya mengenai potensi pemanfaatan limbah tandan kosong, berdasarkan literatur yg saya baca, sekitar 20-23% dari TBS adalh limbah tandan kosong kelapa sawit, namun dalam prakteknya di pabrik kelapa sawit yg saya teliti jumlahnya sekitar 20,59%. bagaimana cara saya menentukan persentase dari limbah itu, apakah yg berdasarkan literatur atau secara prakteknya?
Maaf blsnnya telat.. Memang judul skripsinya apa Mawadah? identifikasi masalahnya sprti gmn? Apakah membandingkan antara persentase yg ada di literatur dg hasil penelitian? kalau iya, mungkin bisa menggunakan uji z untuk data dalam bentuk proporsi.
Saya kira hasil penelitiannya (20,59%) masih dalam interval 20-23% kan? atau gunakan metode selang kepercayaan 95% (misalnya, atau 90%) untuk nilai proporsi yang didapat dari penelitiannya. Mungkin dengan mempelajari Selang kepercayaan (Confidence Interval Method) bisa membantu. Ada di buku2 statistik…
Cara biar dapat hasil frekuensi relatif% nya?
Terima kasih 🙏
Maaf blsnnya telat.. Memang judul skripsinya apa Mawadah? identifikasi masalahnya sprti gmn? Apakah membandingkan antara persentase yg ada di literatur dg hasil penelitian? kalau iya, mungkin bisa menggunakan uji z untuk data dalam bentuk proporsi.
Saya kira hasil penelitiannya (20,59%) masih dalam interval 20-23% kan? atau gunakan metode selang kepercayaan 95% (misalnya, atau 90%) untuk nilai proporsi yang didapat dari penelitiannya. Mungkin dengan mempelajari Selang kepercayaan (Confidence Interval Method) bisa membantu. Ada di buku2 statistik…
judul skripsi saya ‘potensi pemanfaatan limbah pabrik sebagai pupuk kompos di prov.sumut’, dan penelitiannya bersifat deskriptif, data2 yang saya punya merupakan jumlah produksi TBS per kabupaten dan luas areal lahan. saya menghitung seberapa besarnya potensi tandan kosong yang dapat dijadikan pupuk kompos, berdasarkan literatur yang saya baca itulah sekitar 20 – 23% merupakan limbah tankos, namun dalam prakteknya di PT.X persentasenya sekitar 20,59, yang mana PT.X ini adalah sebagai indikator penghitungan selanjutnya karena PT.X ini sudah mempraktekkan pembuatan pupuk kompos tandan kosong. dan kemudian hasil yang sudah dikalikan dengan persentase akan diproyeksikan selama 5 tahun dengan rumus eksponensial. jadi berapa persentase sbenarnya yang harus saya kalikan dengan jumlah produksi itu, apa yg sesuai literatur atau sesuai PT.X sbg indikator, atau hanya dirata – rata kan saja dengan kisaran 20 – 23%?
Kalau menurut saya sebaiknya menggunakan data hasil penelitian yang ada di PT X, 20,59%, karena PT X ini akan dijadikan sebagai indikator bukan? Kisaran antara 20-23% itu mungkin didapatkan dari hasil kajian beberapa PT dan nilainya ada dalam rentang tersebut, trmsk yang 20,59% msh dalam kisaran itu. Kalau menurut saya sebaiknya menggunakan Selang Kepercayaan, misal selang (interval) kepercayaan 95 % untuk nilai presentasenya.
ssssss
sssssss lg 🙂
ok pak, terima kasih buat masukan nyaa.. oiaa, ada bahan mengenai analisis data deskriptif kuantitatif, ekonometrika, riset operasi dan simulasi statistik ga pak?
untuk menentukan nilai ujian terkecil di ambil 31 knapa tidak 35 apakah nilai ujiannya tersebut akan sama ga..? hasilnya 31- 40 dengan 35-45 fi dan f komulatifnya ?
Bisa saja nilai yang diambil untuk batas bawah kelas pertama = 35. Penentuan nilai batas bawah kelas pertama sudah di bahas di atas. Pilih sembarang nilai asalkan frekuensi pada kelas pertama tersebut tidak bernilai 0. Jelas apabila batas bawahnya berbeda, nilai fi dan f kumulatifnya pun akan berbeda… 🙂
syukron ats info’a. ^_^
sama2 Lyn..
Mohon bantuannya Pak, saya sedang kesulitan dalam menghitung batas kelas atau interval kelas. Begini permasalahannya, diketahui batas bawah = 24 dan batas atas = 120, sehingga diketahui interval kelasnya 19,2. Yg menjadi masalah adalah kelas yang diinginkan adalah sebanyak 5 kelas. bagaimana cara membaginya kedalam masing2 kelas? Karena nantinya hal ini akan penting digunakan untuk mengukur persepsi seseorang terhadap suatu produk, sebagai penelitian skripsi saya. Matur nuwun.
Terima kasih atas info yang Bapak berikan.Sangat informatif khususnya untuk saya yang sedang mengerjakan skripsi. 🙂
Pertanyaan:
1. Apakah bisa mendeteksi outlier dari distribusi frekuensi? Apa sebelum membuat distribusi frekuensi harus dicari dulu outlier-nya dan dibuang?
2. Pada grafik Ogive, apa bagian frekuensi bisa diganti jadi frekuensi relatif (%) ??
Mohon bantuan Bapak 🙂
kalau ada kejanggalan data seperti 2 31 41 41 45 47 48 51 53 54 55 56 57 57 57 58 dst gm cara mencari frekuensi terbukanya??? mhon di bantu
data sampai 97
di ket kelas 7 interval kelasnya 14 data sbg berikut:
2 31 14 14 14 45 47 48 51 53 54
55 56 57 57 57 58 59 61 61 62
62 64 65 65 66 67 67 68 69 69
70 70 70 71 71 73 74 75 75 76
79 80 80 82 82 84 85 90 92 97
gm membuat tabel frekuensi dan rata2 nilai ujian
thanks
Wah sepertinya dah telat balasnya nih 🙂
Maaf, saya baru sempet ngontrol comment di WP.
Karena dah telat, serta kasusnya mirip dengan contoh yang sudah diuraikan di atas, mungkin ada rekan yang bisa membantu menyelesaikannya?
– Urutkan data, biasanya diurutkan dari nilai yang paling kecil
– Tentukan range (rentang atau jangkauan)
– Tentukan banyak kelas yang diinginkan.
– Tentukan panjang/lebar kelas interval (p)
– Tentukan nilai ujung bawah kelas interval pertama
🙂
mohon bantuannya pak.. saya kesulitan dalam membuat tabel distribusi frekuensi dengan desimal…
range data = 24,6 – 7,3 = 17,3 dengan banyak kelas 7,188 (dg pembulatan menjadi 7). klo dhitung panjang kelasnya menjadi 2,5 . yg saya bingungkan bagaimana tabel distribusi frekuensinya?
mohon bantuannya pak, trimakasih
Range = 17.3
Banyak Kelas = 7
Panjang Kelas = 17.3/7 = 2.47 ~ 3.0
dari mana dapat 7,7
Permisi Pa mau tanya, berarti jika rangenya koma maka tabel distribusi frekuensinya juga menjadi koma ya Pa?
Jika nilai dibelakang koma ada 2 berarti nilai dikurangin 0.001 ya Pa?
Makasih banget loh ini rumus rumus mat nya, sangat membantu untuk ulangan semester besok!
God bless you
hhmm.. mAteri ttg statistik frequensi ini sesuai bgt sama yg saya pelajari d smster sekarang..:)
mmm.. pak,, bisa bantuin saya ngak gimana cara bikin diagram balok, histogram, diagram lingkaran, n Ogive dari progrAM SPSS ??
makasih sbelumnya _^
mas saya mau tanya,,,buat data 100 nilai variabel dibuat DF 4 kelompok dengan range 50.
gmna cara penyelesaiannya,,sya bingung dengan itu,mohon bantuannya ya ,,,makash sebelumntya
Maksudnya 4 Kelompok = 4 Kelas???
Pak, saya ingin bertanya bagaimana dengan soal yang menyusun suatu data dengan metode sturges ( batas bawah dan batas atas harus berbeda untuk masing – masing orang )
Benarkah kalau misal saya bertanya tentang seputar ilmu statistik di kuliah. apakah Anda bersedia menjawab kesulitan yang saya hadapi. kemungkinan kalau pesan ini dibalas saya langsung kasihkan apa masalah saya. terimakasih
sangat membantu dalam menyelesaikan tugas, terimakasih
trus cara penyusunan distribusi komulatif relatif gimana ea……… mohon bantuannya…….. terima kasih…..
Nilai frekuensi pada kelas tersebut dibagi dengan banyaknya data keseluruhan.
Contoh:
frekuensi kurang dari 30.5 = 0, maka frekuensi relatifnya = 0/80*100% = 0.00%
frekuensi kurang dari 40.5 = 2, maka frekuensi relatifnya = 2/80*100% = 2.50%
dst..
nama lainnya selangkelas apa ya pak? makasih infonya membantu untuk materi PWK di sma saya. 😀
gk jadi pak. hehe. makasih ya paak. 😀
ok dila… 🙂
pak mau nnya nih cr penghitungan persentase yg kumulatif kurang dari sama lebih dari gmna ya? mhon d,bls cepetanya *untukbahan persentse besok* hhii
trmksih sblm,a pak
Wah dah telat nih, presentasinya dah lewat kan? Maaf saya tidak setiap hari online, dan baru mlm ini baca komentar di WP 🙂
Sepertinya balasannya bisa diwakili oleh komentar di atas: https://smartstat.wordpress.com/2010/03/29/distribusi-frekuensi/#comment-781
Ada gak postest di statistik
izin pak… mau nanya, bagaimana bentuk tabel frekuensi distribusi secara lengkap (ada gambar histogramnya juga) untuk soal seperti berikut ini:
Data penduduk umur 50 Tahun ke atas dari 35 kabupaten/kota di Jateng adalah (dalam ribuan)..? 76 78 40 39 71 54 36 64 53 80
38 68 36 45 56 47 26 59 20 42
33 45 33 42 29 30 52 55 65 8
37 5 55 8 7
bagaimana kira kumulatif frekuensi ( cnth who did not score 10 ) dengan guna dalam graph polygon excel
cuba tutorial link berikut:
http://www.smartstat.info/tutorial/microsoft-excel/tutorial-excel-histogram-toolpak.html
Sy merasa snanx dgx ad’y matery in! Terimakasih
dbwah ini tinggi bdan 100siswa sbuah SD dalam cm
tinggi badan
kurang dr 59,5 0
kurang dr 69,5 5
kurang dr 59,5 23
kurang dr 69,5 65
kurang dr 59,5 92
kurang dr 69,5 100
hitunglah a. rata2 tinggi badan b. modusnya
Contoh perhitungannya ada di link berikut:
http://www.smartstat.info/statistika/statisika-deskriptif/ukuran-pemusatan-data-mean-median-mode.html
pak saya mau tanya. kalau data saya desimal, rentangnya 10,85 terbesar dan trkcil 7, 20 bnyak klasnya 7 maka kalau djumlh hsilnya 1 lalu bgmana mmbuat kls intrvlnya pak? terimakasih pak.
Coba Eky baca kembali dengan cermat komentar yang ada di page ini. Mudah2an ada pencerahan 🙂
apa perbedaan nilai kontinue dan diskrit itu ya??
pak mohon penjelasan tentang ogive saya kurang mengerti
ini tugas 1 kampuzz gk bisa pak,mohon BANTUANnya
jka diket TPB 3,4,5 intervl klas(c)=6.
dgn frekuensi absolut 4,5,6,3,2,8,9,mka buatlah distribusi frekuensi lengkap.
dri 22,22,22,22,22,22,22,23,23,23,23,23,
24,25,26,26,27,27,27,27,28,28,28,28,
29,29,29,30,30,30,30,31,31,31,32,32,
33,33,33,34,34,34,34,34,35,35,36,36
37,37,39,40,40,41,41,44,44,44,45,45,45,45,
.kerjakan sendiri maz.
diketahui data 40 42 44 46 48 50 53 55 57 60 61 65 66 68 69 71 77 78 79 80
mengapa saya tidak dapat membuat interval kelas ny dengan tepat dari soal tsb
sedangkan pada soal laen ato soal yg diberikan oleh dosen bisa saya buat interval kelas yg tepat selalu kurang satu angka ato lebih dari satu angka misalny 79 atau 81 batas akhirnyaa
mohon saran atau koreksiny
terima kasih sebelumnyaaa
asslm pak..mau tanya klo soal DF nya gini pak
banyak pegawai banyak perusahaan
sampai dengan 9 63
10-24 101
25-49 114
50-99 87
100-249 105
250-499 49
gmna mencari kuartil dan modusnya pak?
mkasih pak
.kerjakan sendiri.
asslm pak..mau tanya klo soal DF nya gini pak
banyak pegawai banyak perusahaan
sampai dengan 9 63
10-24 101
25-49 114
50-99 87
100-249 105
250 dan lebih
gmna mencari kuartil dan modusnya pak?
mkasih pak
mau tnya.. Data d bawah ini mrupakan data klahiran penduduk di jawa periode 1955-1959:
32,5 34,8 32,8 39,8 32,4 27,8 33,1 35,8
34,2 18,5 40,6 32,9 34,2 37,3 27,3 29,8
20,7 31,2 32,4 27,8 35,1 25,7 37,4 39,7
44,3 32,0 18,2 40,7 34,5 37,6 28,6 33,8
42,0 43,2 35,8 32,5 30,0 36,0 36,2 33,1
36,5 31,6 31,6 15,8 39,0 37,2 29,7
42,8 33,1 43,1 43,1 43,1 35,0 34,5
33,3 27,6 30,6 29,6 13,0 36,1 30,1
41,7 43,7 37,5 41,7 35,7 29,6 42,9
38,5 37,6 36,8 30,8 30,2 32,2 33,4
gimana cara buat daftar distribusi frekuensi dengan menggunakan aturan sturges??
bagaimana cara mengetahui distribusi frekuensi secara lengkap apabila yang diketahuinya titik tengah :
titik tengah
34.5
44.5
54.5
64.5
74.5
84.5
94.5
Pak saya mau nanya gmna klo trdapat 50 data
datanya sbb:
25 26 27 27 28 29 30 31 32 33
33 34 35 35 36 37 38 39 40 41
42 44 45 47 50 51 53 57 58 59
61 63 64 65 67 69 70 75 77 79
80 81 82 83 84 85 86 87 88 89
gmna cr menentukan pnjang/lbr interval klsx klo jumlah klsx ada 7.
trim’s…..
makasih buat isi makalah nya, mantap banget gan 🙂
kalau untuk menentukan signifakasi pengaruh, statistiknya sprt apa?
bagaimana Membuat data perhitungan frekuensi teoritik (Fe) dan frekuensi pengamatan (Fo)..padahal sdikit lagi dataku selesai. pas Membuat data perhitungan frekuensi teoritik (Fe) dan frekuensi pengamatan (Fo) gak tau. Proses Numerik Pengujian Normalitas Data Hasil Belajar Siswa
Kelas eksperimen
Menentukan Panjang Rentang (R)
R = skor terbesar – skor terkecil
= 77- 36
= 41
Menentukan Banyaknya Kelas (K)
K = 1 + 3,3. Log n
= 1 + 3,3. Log 26
= 1 + 3,3. 1,41
= 1 + 4,653
= 5,653
= 6 (dibulatkan)
Menentukan Panjang Kelas (P)
P = R/K
= 41/6
= 6,83
= 7 (dibulatkan)
Menentukan Frekuensi
Tabel : Distribusi Frekuensi
No Kelas Interval Frekuensi Absolut Frekuensi Relatif
(%)
1 36-42 2
2 43-39 2
3 50-56 2
4 57-63 2
5 64-70 9
6 71-77 9
Jumlah 26 100
Menentukan panjang kelas interval
Tabel : Panjang Kelas Interval
No Kelas Interval F Nilai Tengah
(Xi) Xi2 F. Xi F. Xi2
1 31-34 1 32,5 1056,25 32,5 1056,25
2 35-38 2 36,5 1332,25 73 2664,5
3 39-42 9 40,5 1640,25 364,5 14762,25
4 43-46 5 44,5 1980,25 222,5 9901,25
5 47-50 4 48,5 2352,25 194 9409
Jumlah 21 202,5 8361,25 886,5 37793,25
Menghitung nilai rata-rata (X ̅)
X ̅ = (∑f.xi)/n = 886,5/21 = 42,21
Simpangan baku
S = √((N∑Fi.x^( 2 )–(∑Fi-xi)2)/(N ( N-1)))
= √((21X37793,25–(886,5)^2)/(21 ( 21-1)))
= √(7776/420)
= √18,51
= 4,3
Membuat data perhitungan frekuensi teoritik (Fe) dan frekuensi pengamatan (Fo)
…………………………………..
kak cara menghitung log itu bagaimana kok bisa hasilnya 1,41 K = 1 + 3,3. Log n
= 1 + 3,3. Log 26
= 1 + 3,3. 1,41
= 1 + 4,653
= 5,653
= 6 (dibulatkan)
kak kumulatif kurang lebih darinya ada gak?
tolong dong saya butuh
trims
untuk mencari nilai yang sebenarnya gimana kak??
Aslm. apa ada rumus ataupun ketetapan tertentu dalam pembulatan nilai dalam menentukan banyak kelas (menggunakan metode sturgess) dan juga menentukan panjang kelas?
misalnya: ketika nilainya 7,12 dibulatkan ke 7 atau ke 8? dan juga ketika nilainya 7,87 dibulatkan ke 7 atau ke 8? atau seenaknya sendiri dalam pembulatan tersebut. tolong di balas ya. trimakasih pak. ^_^
makasih banyak pak buat ilmunya. sangat berguna buat saya. 😉
Tabel 1. Data 40 mahasiswa Pengantar Statistik Sosial FISIP-UT
80
84
90
70
90
87
81
74
91
97
88
73
92
88
85
88
72
79
75
66
65
90
89
63
83
90
86
68
87
73
92
93
63
68
70
85
89
78
84
70
Soal:
Lakukan penyederhanaan terhadap data kuantitatif di atas dengan cara (1) menentukan banyaknya kelas dan (2) menentukan interval kelas yang akan digunakan.
gimana kalo disoal yang saya punya
interval profitabilitas jumlah perusahaan
16-18 12
18-20 36
20-22 14
22-24 8
24-26 4
26-28 1
bagaimana cara mencari frekuensinya ?
bagaimana cara membuat diagram batang sama diagram pie dri data2 di atas?
pak buatkan contoh 1 soal yang banyak datanya 100 pak
tolong ya pak
Mohon dibantu
Diketahui ada 5 kelas, dan nilai distribusi frekwensi sbb :
Nilai Frek
40 1
50 2
60 4
70 6
80 7
90 8
100 8
110 8
120 7
130 6
140 4
150 2
160 1
Jumlah 64
Pertanyaan :
1. Bagaimana menentukan rentang interval dari data tsb di atas?
2. Apakah diperlukan adanya interval terbuka ?
Terimakasih atas bantuannya
Mohon dibantu
Diketahui ada 5 kelas, dan mempunyai nilai distribusi frekwensi sbb :
Nilai Frek
40 1
50 2
60 4
70 6
80 7
90 8
100 8
110 8
120 7
130 6
140 4
150 2
160 1
Jumlah 64
Pertanyaan :
1. Bagaimana menentukan rentang interval dari data tsb di atas?
2. Apakah diperlukan dari data tsb, adanya interval terbuka ?
Terimakasih atas bantuannya
pak tolong dibantu yaa…..
kelas fi(abs) fr(relatif) xi fi.xi log xi fi log xi fi/xi
31-40 2 2,5 35,5 71 1,550 3,100 0,05
41-50 3 3,75 45,5 136,5 1,658 4,974 0,06
51-60 4 5 55,5 222 1,744 6,977 0,07
61-70 14 17,5 65,5 917 1,816 25,427 0,21
71-80 24 30 75,5 1812 1,877 45,070 0,31
81-90 21 26,25 85,5 1795,5 1,931 40,571 0,24
91-100 12 15 95,5 1146 1,980 23,760 0,12
jumlah 80 100 458,5 6100 12556 149,879 1,06
pertanyaan saya pak,, 1. bagimana cara menghitung varians dan simpangan baku dengan menggunakan cara biasa dan cara sandi(cording)? (dengan melihat daftar distribusi frekuensi di atas)
2. bagaimana cara membuat poligon frekuensi dan histogram dengan melihat daftar distribusi di atas?
buat tabel distribusi frenkuensi dengan kelas pertama
118 – 127
128 – 137
138 – 147
148 – 157
158 – 167
168 – 177
masih belum mengerti tentang distribusi sebaran data, saya baru belajar materi tsb, msh semester awal..
MAKASIH Y….
thanks a lot Pak…
Numpang tanya, mungkinkah menggambar histogram hanya bermodalkan median, modus dan mean saja?
pak, saya mau nanya klo analisa data untuk lembar obsrvasi itu sebaiknya gmn?
saya bimbingan ma dsen, suruh make jemari mardapi..
tp saya masih bingung..trimaksih
boleh minta emailnya?? untuk tanya2 tentang statistik. terima kasih =)
permisi pak,apa bener rumus dalam menentukan,RENTANG DATA,”(data tertinggi)-(data terendah)+(1)” contohnya sperti ini pak rentang data “(93-13)+1=80+1=81” bener nggak tu pak atau nggak pake +1??
Slamat malam pak,…dan salam sejahtera..
pak saya minta tolong untuk menjawab pertanyaan soal ini…
Namun sebelum nya…..sekian banyak trima kasih
Data nilai statistika
72 60 56 40 40 64 64
44 52 52 56 56 52 56
56 56 44 72 68 64 60
28 44 60 40 52 52 72
44 60 64 52 56 56 60
64 60 36 52 44 41 43
pertanyaan nya :
1.Buatlah tabel distribusi frekuensi untuk data diatas dengan menggunakan prosedur yang telah ditentukan.
2,Kemudian hitunglah : mean, median, modus, Kuartil (K1, K2 & K3), Variansi dan standart devi
slmat malam pak…
saya mau bertanya..
jika A=5,B=0,c=3 dik data sbb,
3A+3 4C+5 2C+3 2A+4 3B+1 4A+2 2A+4 3B+1
2B+A 2C+3 5A+1 4B+4 3A+5 4B+6 7A+5 5C+9
6A+6 7C+5 8B+2 9C+1 7B+2 8A+1 9A+6 8C+4
7C+5 8A+9 5B+5 7C+7 5A+3 9B+3 8C+6 7A+4
9C+4 2C+3 9B+8 7A+5 8A+6 4C+6 6B+4 4B+6
dit:
– tabel distribusi frekuensi dgn aturan sturges
– mean median dan modus
– desil 6 dan desil 1
– persentil 44 dan persentil 78
mohon bantuannya pak..!!
trims
Terima kasih, dan cukup membantu saya dalam menerangkan materi ini dalam kelas, Derist Touriano
permisi pak, saya ingin bertanya, bagaimana cara menentukan selang kepercayaan atau interval kepercayaan antara 95 % atau 100 %? serta alasan pemilihan nya pak?
mohon bantuan nya pak. terima kasih
Wuih membantu saya dalam belajar MTK. Materi kelas XI SMA semester satu nih thankyou!
Mohon bantuannya pak, bagaimana cara membuat tabel distribusi frekuensi untuk data IP semester??? apakah menggunakan norma umum penilaian IPK atau harus dibuat seperti layaknya membuat TDF?
Ditunggu sangat balasannya, terima kasih sebelumnya
infonya bagus bgd gan gampang bgd ternyata statistik , biarpun gue masih sd kls 6 gue langsung bisa
gmn sh cra mncri hsil frkuensinya, bngung bgt, tlong bntu y
permisi, mohon bantuanya pak, urgent skali. saya punya skala dr 1-5 dan 25 deskriptor. jadi nilai terendah 25, nilai tertinggi 125. bagaimana cara membuat jarak interval antara kelopok 1 sampai kelompok 5. terimakasih mohon bantuannya. pleaseeeeeeeeeeeeeeee
maaf pa saya mau minta bantuan nya,saya mau menayakan tentang range.suatu penelitian menganmbil sampel dengan banyak anggota 100.range data sampeltesebut 80.data tersebut akandisajikan dalam tabel distribusi frekeunsi nilai kelompok dengan bantuan aturan strugess panjang interval kelasnya.terimaa kasihh
di tunggu balesan nta segera pak
mohon maaf sblumnya pak, saya mau bertanya. untuk mentukan interva pada sebuah tabel distrubsi frekuensi jika jumlah kelasnya ada 7 dan range yang x.nya 12 ! saya bingung untuk menetukan bilai batas bawahn data tersebut 18!
58 48 22 49 78 59 27 41 68 5434 80 68 42 73 51 76 45 32 5363 32 64 47
58 48 22 49 78 59 27 41 68 54
34 80 68 42 73 51 76 45 32 53
63 32 64 47 76 58 75 60 35 57
73 38 30 44 54 57 72 67 51 86
25 37 69 71 52 25 47 63 59 64
nilai ujian statistika 50 mahasiswa FEUI Tahun 2013 , hitunglah frekuensi , bantu saya bang , please saya kurang paham , terima kasih semoga mendapatkan pahala yg berlimpah , amiiin
mmmmmmm
izin share yya…
kalau soalnya seperti ini bagaimana ?
Data 40 mahasiswa Pengantar Statistik Sosial FISIP-UT
80 84 90 70 90 87 81 74
91 97 88 73 92 88 85 88
72 79 75 66 65 90 89 63
83 90 86 68 87 73 92 93
63 68 70 85 89 78 84 70
Soal:
Lakukan penyederhanaan terhadap data kuantitatif di atas dengan cara (1) menentukan banyaknya kelas dan (2) menentukan interval kelas yang akan digunakan.
tolong bantuannya.
.ea/………….
mas tolong ksih kasus yg data nya 100
terima kasih
saya mau nanya nih ..
Bagaimana ya ?? kalau panjang kelas yang diperoleh dari rentang nilai yang saya hitung ada 8 dibagi dengan banyak kelas dari rumus strugess itu 6,5 sehingga panjang kelasnya diperoleh 1,23 . Jadi,, apakah bisa dibuat tabel distribusi frekuensinya dan kalau bisa bagaimana model tabelnya ??
tolong dijawab ya .. terimakasih
cukup mmbntu
.saya mahasiswa islam pak. disuruh bikin data frekuensi se banyak 30 turus sekaligus diagramnya. mhon bantuannya pak.
Halo, mau tanya dong. Jika ada soal di mana kita sudah mencari dan mendapatkan jumlah kelas dan interval kelasnya dengan metode seperti di atas, kemudian saat menentukan kelas, datum terkecil sebagai batas bawah kelas pertama dan seterusnya sampai ke jumlah kelas yang telah ditentukan. Masalahnya pada kelas terakhir, datum terbesar belum masuk, sedangkan interval dan jumlah kelas telah sesuai dengan yang dicari sebelumnya.
Contoh, datum terkecil 500 dan datum terbesar 800. Jumlah data 25.
R = 800-500=300
K = 1+ 3.3 (Log 25) = 5.6 (dibulatkan jadi 6)
I = 300/6 = 50
Kelas :
500-549
550-599
600-649
650-699
700-749
750-799 >>>>>> datum terbesar (800) belum masuk sedangkan kelas telah mencapai 6 kelas.
Jika yang dipakai K = 5, I = 300/5 = 60 maka kelas :
500-559
560-619
620-679
680-739
740-799 >>>>>> datum terbesar (800) belum masuk sedangkan kelas telah mencapai 5 kelas.
Tolong bantuannya ya bagaimana cara memecahkan soal seperti ini atau apakah ada metode lain yang bisa digunakan untuk soal seperti ini.
Terimakasih sebelum dan sesudahnya.
Permisi, mau bantuannya. Jika kita udah nyelesaiin kasus nih. Tdf dll sampe kumulatif udah selesai. Terus d tanya nih. Nentuin banyaknya frekuensi antara x-y sedangkan dalam tdf kita itu tidak sesuai permintaan. Kita buat kan sesuai tumus aja. Moho bantuannya
saya seteuju mohon kang admin bales pertanyaan ini
Nilai ulangan Matematika kelas XII sebagai berikut :
60,20,68,32,24,21,19,23,53,63,
31,24,48,49,58,28,42,16,31,23,
42,35,50,54,59,32,31,43,41,32
a. Buat daftar distribusi frekuensi data kelompok untuk data di atas dengan panjang kelas 5!
b. Buatlah daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari!
tlong jawab yaa pak atau kak ? mohon bantuannya .
maaf pak, saya ingin bertanya
apa ada cara cepat untuk mengurutkan data kasar (data yg belum d urutkan) yg skalanya lebih dr 100 data ?
Maaf pak, saya juga ingin bertanya, jika kita punya dataset yang terbagi dalam beberapa variabel data, yang ingin dibentuk dalam beberapa kelas. apakah benar jika saya menerapkan teknik yang sama dengan ini berulang kali, atau ada teknik lain yang tepat untuk itu?
mis ;
dataset_siswa:
var_tinggi : 100.2 102.5 105.3 100.8 100.2 105.1 105.3, 100.2
var_berat : 40.3 43.2 40.2 41.4 43.2 40.3 42.7 42.7
note : banyaknya data kedua variabel adalah sama.
Terimakasih.
sangat membantu sekali dalam penyelesaian tugas saya, trima kasih banyak
Tolong Cara menentukan fk (kelas sebelum median) dong unuk anak sma
untuk membuat programnya, apakah bapak bisa dan tahu source codenya? thanks..
data dibawah ini menunjukkan hasil rata-rata gula tebu dalam kuintal per hektar selama periode 1977/1978 di 69 negara.
143, 170, 254, 257, 269, 286, 299, 300, 300, 316, 320, 322, 322, 340, 357, 380, 393, 398, 400, 400, 404, 449, 455, 459, 462, 467, 672, 476, 478, 480, 482, 494, 500, 508, 508, 518, 535, 546, 549, 602, 603, 605, 640, 649, 657, 659, 664, 678, 685, 695, 697, 698, 699, 703, 703, 719, 750, 761, 766, 773, 800, 816, 833, 849, 850,917, 920, 977, 1054 .
a). buatlah distribusi frekuensi dengan batasan kelas terbawah = 100 dan interval kelas = 100 . bisa ajarkan saya bagaimana cara menyelesaikannya ?
Pak mau nanya, bagaimana mencari interval jika diketahui
Titik tengah kelas. Frekuensi
300. 100
500. 75
700. 125
900. 75
1100. 50
1300. 50
1500. 25
Mau tanya kalo datang itu
Persentase kehadiran Jumlah
_50%_70%_90. 7
Dari data diatas
A. Cari titik tengaj kelas ke 3
B. Berapa persen jumlah siswa yang boleh mengikuti ujian jika ujian mensyaratkan presensi kehadiran minimal 70%
C. Berapa persen siswa yang harus harus mengulang .
Persentasi kehadiran…..jumlah
50%70%90%…..7
Berikut adalah data nilai statistik 80
79 49 45 74 51 98 87 80
80 84 90 70 91 93 82 78
70 71 92 38 56 81 74 73
68 72 85 51 65 93 83 86
90 35 83 73 74 43 86 68
92 93 76 71 90 72 67 75
80 91 61 72 97 91 88 81
70 74 99 95 80 59 71 77
63 60 83 82 60 67 89 63
76 63 88 70 66 48 70 75
Tentukan
Kelas interval dg rentang 10
Mean
Median
Modus
Varians
Tolong bantu min, hasilnya gimana,?
Pingback: Distribusi Frekuensi – Elisa Angelina
Interval frekuensi
50-54= 4
Interval frekuensi
50-54= 4
55-59=6
60-64=8
65-69=10
70-74=8
75-79=4
Tentukan lah:
A. Rotasi hitung
B. Modus
C. Q1, Q2, (median), Q3
D. Simpangan
Tolong jawab ya, karena lagi bikin makalah
ijin mencuplik ya unttuk tugas mata kuliah saya ..terimakasih…
Mohon bantuannya pak. Jika data sbb:
48 32 38 37 30 35 40
34 42 35 47 50 40 46
43 35 45 38 34 38 38
36 40 39 42 35 44 34
Bagaimana cara menentukan distribusi frekuensi dengn metode Sturgess. Dan menentukan Mean, median dan modus nya ?
Kk seandainya soalnya kayak gini”dari sebaran data yg besarnya 100 data sebagai skor statistika dasar mahasiswa fisika.buatlah tabel frekuensi. Hitunglah maen,media,dan model”.
itu cara kerjanya kayak gimana kk?
Sanhat membantu nih makasih banyak yoo
selamat malam, saya mau bertanya, apakah sebaran data mempunyai standar ideal? apa standar idealnya suatu sebaran data?
Tolong jawab!
Jika rataan hitung dari tabel distribusi frekwensi 10 maka nilai p??
Data. Frekwensi
1-5. 4
6-10. 15
11-15. 7
16-20. P
21-25. 1
a. 1
b. 2
c. 3
D. 4
E. 5
Tolong saya!!!
Bagaimana menghitung panjang kelas jika
Nilai tertinggi = 95 . Nilai terendah 53. Dan jumlah data 50?
Yang saya hitung ko salah. Salah di mana ya?
Kelas interval tidak bisa mencakup nilai 53 dan 95 dalam satu tabel
mohon bantuannya. Seorang psikolog mengklaim bahwa simpangan baku dari laki-laki dan perempuan memiliki bias 10% dan 15% . Andaikan dipilih secara random 7 perempuan dan 12 laki-laki dari populasi. Standar deviasi untuk bias pada laki-laki dan perempuan 12% dan 14%. Hitung titik persentase dari distribusi F.
Bu.. Dapat jawabannya tidak?
Seorang psikolog mengklaim bahwa simpangan baku dari laki-
laki dan perempuan memiliki bias 10% dan 15% . Andaikan
dipilih secara random 7 perempuan dan 12 laki-laki dari
populasi. Standar deviasi untuk bias pada laki-laki dan
perempuan 12% dan 14%. Hitung titik persentase dari
distribusi F.
Tolong dibantu ya kak
Makasih untuk penjelasannya.
Tapi saya tidak mengerti🙏🙏🙏.
Tolong bantu saya kerja kan tugas ini.
Jika di ketahui data hasil survei tentang produktivitas padi sawah di rata bena adalah sebagai berikut :
15 5 11 7 9
15 10 11 6 9
15 10 8 6 13
5 10 8 7 13
5 12 8 9 14
Berdasarkan data di atas maka susunlah daftar distribusi frekuensinya.
The accompanying data describe the hourly wage rates (dollars per hour) for 30 employees of an electronics firm:
22.66 24.39 17.31 21.02 21.61
20.97 18.58 16.61 19.74 21.57
20.56 22.16 20.16 18.97 22.64
19.62 22.05 22.03 17.09 24.60
23.82 17.80 16.28 19.34 22.22
19.49 22.27 18.20 19.29 20.43
DARI INFORMASI TERSEBUT DI ATAS YANG BELUM DIKELOMPOKAN:
Kelompokkan data tersebut menurut rumusan Sturges
bantu aku siapapun kalo data nya desimal 2 angka dibelakang koma gimana yaa 😦
Andy mempunyai koleksi bambu ukuran sebanyak 70 buah,berikan data panjang bambu yg dimiliki oleh Andy dalam bentuk cm
Mau tanya Pak
Misal panjang kelas ternyata 6.6 maka Panjang kelasnya
6 atau 7 ya?
Terimakasih
mohon bantuannya min
17 19 12 10 20 19 23 22 21 16
15 21 25 17 18 21 26 25 23 24
22 20 27 29 30 31 32 21 22 24
27 28 25 21 24 25 22 32 35 29
18 20 27 31 34 33 36 37 39 31
saya dapat
K= 7
R= 29
p= 4
tapi gk memenuhi nilai kelas min
plant of pharm
Trimakasih banyak atas tulisan yang diberikan . .izin menjadikan refrensi materi Distribusi Frekuensi yang bapak paparkan diatas pada blog kami.
maaf kak intuk mengerjakan soal distribusi frekuensi dengan penyederhanaan terhadap data kuantitatif di atas dengan cara (1) menentukan banyaknya kelas dan (2) menentukan interval kelas yang akan digunakan.. Apakah bisa langsung menggunakan langkah langkah diatas?
Diberikan data penelitian sebagai berikut:
30, 25, 90, 42, 50, 45, 26, 80, 70, 70, 60, 45, 46, 50, 40, 78, 55, 43, 56, 58, 42, 52, 53, 68, 50, 40, 78, 36, 42, 35, 60, 85, 30, 68, 82, 27, 25, 75, 76, 74, 71, 72, 63, 63, 62, 65, 61, 50, 50, 51, 56, 58, 57, 64, 60, 65, 74, 70, 72, 90, 88, 88, 90, 75, 75.
Tentukanlah
1.Data distribusi frekuensi
2.Modus
3.Median
4.Kuartil 1, desil 3, persentil 20
5.Simpangan baku
Tolong kak tugas statistika pendidikan