Smart Statistik

Seputar Satistik dan Perancangan Percobaan

About SmartStat

Blog ini dibuat untuk mendiskusikan masalah-masalah yang berhubungan dengan analisis data statistik ataupun perancangan percobaan, baik untuk keperluan tugas akhir ataupun penelitian yang biasa dilakukan oleh staf akademisi ataupun peneliti. Selain itu, dalam blog ini dimuat juga beberapa artikel dan materi yang ada hubungannya dengan analisis data statistik beserta contoh penerapan dan interpretasinya. Saya sangat terbuka apabila diantara rekan-rekan ada yang bersedia memperkaya blog ini dengan mengirimkan artikel ataupun file yang ada hubungannya dengan statistik ataupun perancangan percobaan. Dengan segala kerendahan hati, saya menyadari bahwa Blog ini masih jauh dari sempurna, baik ditinjau dari segi kontent, desain, layout, atau hal-hal lainnya. Untuk itu, kritik dan saran yang bersifat membangun, sangat saya nantikan demi perbaikan selanjutnya. Akhirnya, saya berharap semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiin…!!

Salam, SmartStat

_______

32 responses to “About SmartStat

  1. Sorba Pasuan Rubyanto Panjaitan November 2, 2009 pukul 3:08 am

    Senang sekali bisa membaca blog ini,semoga blog ini bisa berkembang lebih banyak konten yang berisi permasalahan statistik dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa sarjana,magister, dan doktor..Good Luck for the blog!!

  2. kina Januari 20, 2010 pukul 5:40 am

    mau tanya,,.
    kan orang sering tuh tanya.
    statistik 1 atau 2? bahan kajiannya udah sampe mana?
    maksud dari statistik 1 n 2 itu apa ya?
    dan ygb dimuat dalam statistik 1 dan 2 apa aja?

    • smartstat Januari 20, 2010 pukul 4:07 pm

      Sebetulnya tidak ada standar baku untuk memisahkan materi antara statistika I dan II. Namun demikian, secara umum banyak staf pengajar yang membagi statistik berdasarkan pada kajiannya, yaitu Statistika Deskriptif (Statistika 1) dan Statistika Inferensial (pengambilan keputusan) (Statistika 2).

      Statistika I:
      Statistika deskriptif adalah bagian dari ilmu statistika yang hanya mengolah, menyajikan data tanpa mengambil keputusan untuk populasi. Dengan kata lain hanya melihat gambaran secara umum dari data yang didapatkan.
      Didalamnya mencakup bahasan: Konsep Statistika, Penyajian Data, Tabel Distribusi Frekuensi, Ukuran Pemusatan dan Ukuran Penyebaran; Probabilitas; Distribusi (Teoritis dan Sampling)

      Statistika II:
      Statistika Inferensial adalah cabang dari ilmu statistika yang digunakan untuk mengambil suatu inferensi (kesimpulan) tentang karakteristik populasi atas dasar informasi yang dikandung dalam sebuah sampel.
      Didalamnya mencakup bahasan: Pendugaan Selang Kepercayaan, Pengujian Hipotesis, Analisis Regresi dan Korelasi, Analisis Ragam (Anava)

  3. ryan harlan Maret 21, 2010 pukul 8:54 am

    makasih pa kayanya byk manfaatnya ini blog, terutama bwt yg mw nyusun skripsi,, aplg klo skripsinya di bimbing sma bapak heuheu,.,.jelas bnget deh rancobnya dimengerti…

    • smartstat Maret 24, 2010 pukul 4:33 pm

      @Ryan: termakasih atas apresiasinya, semoga blog ini bisa bermanfaat, baik bagi saya pribadi (dalam memperdalam ilmu di padepokan, he2) plus buat pembaca pada umumnya…

  4. tyas Maret 25, 2010 pukul 12:04 pm

    makasih ya pak, sudah dikirimin pdf about ortogonal kontrasnya…
    makasih juga nyempetin berkunjung ke blog saya yang masih asal-asalan, he..he..9x.

    • smartstat Maret 26, 2010 pukul 10:51 am

      Ok, semoga bermanfaat.
      Silaturahmi kan penting, he2.. Siapa bilang asal-asalan, blog + artikel-artikelnya bagus dan menarik kok… Cocok tuk dijadikan referensi agroteknologi. Sukses selalu ya…

  5. Dandy Adityawarman April 26, 2010 pukul 8:31 pm

    waahh keren materi yg disajikannya ..
    maksih banyak pak atas segala materi yg di berikannya ..
    jd pengen bimbingannya sama Bpk uy .. hehehe🙂

  6. smartstat April 30, 2010 pukul 11:21 pm

    ok.., makasih Dandy…
    Bimbingan apa tah?? he2..

  7. Bambang Gunadi Juli 21, 2010 pukul 12:45 pm

    Informasi sangat baguus. Mohon ijin saya cetak file, untuk bahan pembelajaran saya mendalami statistik. Maju terus statistika Indonesia. amiinnn.

  8. haneefaa September 16, 2010 pukul 6:50 pm

    skripsi saya mengambil judul “pengaruh gaya belajar dan modernitas individu terhadap prestasi belajar siswa”. Variabel gaya belajar sendiri mempunyai subvariabel V, A, K. Mulai rumusan masalah, rumusan hipotesis sampai dg rancangan penelitian saya tidak memisahkan antar tipe gaya belajar, jadi skor utk kesemua gaya belajar saya gabung saat meregresikan. Hasil yg saya peroleh saat meregresikan adalah berpengaruh, baik secara parsial dan simultan. Yg ingin saya tanyakan, perlukah uji anova dan post hock test utk menguji varian gaya belajar mana yg berpengaruh paling dominan terhadap prestasi? Apabila ada masalah saat uji anova dan post hock test, misal Ha ditolak dan Ho diterima, bagaimana solusi utk mengatasinya? Terimakasih.

    • smartstat Oktober 9, 2010 pukul 1:48 am

      Sudah selesai skripsinya? maaf blsnya telat🙂
      Modernitas individu tidak mempunyai subvariabel?? Dengan demikian terdapat 4 grup atau 4 taraf? V, A, K, dan Modernitas Individu??

      Apabila kita ingin melihat “gaya belajar mana yg berpengaruh paling dominan terhadap prestasi” tentu diperlukan pengujian sejenis Anova dan Post Hoc.

      Uji Anova hanya dilakukan apabila Skala pengukuran Variabel Dependent (responsnya) adalah interval/rasio, bukan nominal atau ordinal.
      Skor disana jelas Ordinal dan Analisis Nonparametrik lebih tepat. Uji nonparametrik yang tepat menurut saya: “Uji Kruskal-Wallis one-way analysis of variance”.

      Apabila menggunakan software SPSS: Analyze->Nonparametric test -> K Independet Samples…

  9. rahma Oktober 7, 2010 pukul 8:48 am

    mas saya mau tanya apa yang dimaksud rancangan percobaan berulang dalam waktu?? Dan bagaimana contoh datanya beserta cara penyelesaiannya???????makasiiii

  10. smartstat Oktober 9, 2010 pukul 1:18 am

    @All: terimakasih. Mohon maaf apabila ada komentar yang belum di balas.
    @Nurul: Nested/tersarang belum saya buat🙂
    @Bambang: Silahkan, semoga bermanfaat

  11. Joshua Oktober 10, 2010 pukul 1:14 pm

    Makasich pak sebelumnya telah mengundang saya ke blog ini..
    banyak materi yang bagus dan bermanfaat bagi saya untuk melakukan sikripsi nantinya…
    Jangan lelah yah Pak untuk terus berbagi ilmu dengan sesama karena itu juga merupakan bentuk ibadah…
    hehehhe…

  12. aziz Maret 1, 2011 pukul 11:15 am

    Websitenya keren banget.. dan referensi Statistikanya lengkap😀

  13. Smartstat Maret 1, 2011 pukul 3:15 pm

    terimakasih aziz… upadate dan materi + tutorial terbaru ada di site: http://www.smartstat.info

  14. marcha Maret 31, 2011 pukul 4:05 am

    Pak, saya Marcha mahasiswa IPB. Maaf saya mau tanya.
    Saya bingung menggunakan Kruskal Wallis atau Friedman pada pengolahan data penelitian saya.
    Penelitian saya tentang Pengaruh Pencucian terhadap Kualitas Mangga terdiri dari 2 faktor yaitu bahan pencuci dan waktu pencucian, dengan pengamatan menggunakan skor untuk setiap responnya, pengamatan nya dilakukan di Laboratorium Pasca Panen. Jadi Pak, sebaiknya menggunakan Kruskal Wallis atau Friedman ya? Terima Kasih banyak. Sangat ditunggu balasannya.

    • smartstat April 4, 2011 pukul 9:02 pm

      Kalau tidak salah:
      Kruskal Wallis digunakan untuk membandingkan Between Subject (dua grup/populasi/subject atau lebih) — dua atau lebih INDEPENDENT SAMPLES
      Friedman digunakan untuk membandingkan Within Subject, misal pengamatan berulang pada sampel/subject yang sama atau sampel berpasangan — dua tau lebih DEPENDENT SAMPLES

      NB. Maaf balasannya telat, minggu2 kemarin habis dari lapangan

  15. Pitik Mei 29, 2011 pukul 1:42 pm

    Smatrstat luar biasa, materinya lengkap…
    mau nanya ni GAn, kalo software bua bikin diagram peta makenya apa y…?
    mOhon peneranganya..?

  16. Arif Kamar Bafadal September 8, 2011 pukul 3:01 pm

    Senang membaca blog ini, banyak belajar dari tulisan-tulisan yang ada di dalamnya. Semoga menjadi bagian yang bermanfaat bagi banyak orang. Amin….

  17. shendy April 12, 2012 pukul 9:35 am

    suhu..saya mo tanya…saya lagi bikin skripsi judulnya “pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan”..nah yg jadi pertanyaan.MOTIVASI disini bs jadi variable intervening(kata dosen saya) tp saya tetep ngotot klo jadi variable independent..kira2 jawaban yg pas bt saya apa ya??untuk memperkuat alasan saya menjadikan MOTIVASI ini sbg variable independent….

  18. Eni Simanjuntak Agustus 8, 2012 pukul 7:58 am

    pak klw boleh tau, contoh pengamatan berulang selain dlm bidang pertanian apalagi ya pak???

  19. muhibbullah November 5, 2012 pukul 6:54 am

    bahagia baca blog ini.. dimana saya bisa blajar lebih mengerti… jazaakallah..

  20. iraisma Oktober 2, 2013 pukul 10:28 pm

    Kak mau tanya ttg uji t 2 sampel heterogen😦 plis bgt bisa bantu gak kak😦

  21. Hestini hasibuan November 6, 2013 pukul 2:08 pm

    kk saya mau minta tolong ni cara menghitung uji antar lokasi atau uji antar musim dalam RAK di program excel gimana kk???please…

  22. Irwan Desember 29, 2013 pukul 10:49 pm

    mas, mau tanya buku-buku yang digunakan apa saja ya? soalnya dosen saya minta tinjauan pustakanya bukan situs, tetapi langsung literatur tertulis.. misal untuk asumsi2 anova gitu.. sebelumnya, terimakasih loh mas, blog nya membantu

  23. Daniel Simangunsong Maret 1, 2014 pukul 10:59 am

    Assalammu’alaikum
    Trima kasih infonya mengenai statistik & rancob. Sya jadi Lbih pham untuk mnganalisis data
    Yang ingin saya tnyakan, apa metode yg tepat untuk mnetukan uji perlakuan terbaik. Yang saya tahu hanya uji efektifitas Degarmo dan uji multiple attributre yg sayangny saya blm mngetahui caranya.
    Mungkin dari smartstat atau member Lain bsa membantu?
    Trima kasih sblumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s