Info:
Sebagian besar konten yang ada di site www.smartstat.wordpress dipindahkan ke situs yang baru:
www.smartstat.info
Tutorial SPSS, Excel, Minitab, etc
- Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Bergabung dengan 268 pelanggan lain
Top Posts
Arsip
Blog Stats
- 5.190.462 hits
Komentar Terbaru
Belajar Statistika pada Uji-t 2 Populasi dengan Ragam… | |
Wulandari pada Distribusi Frekuensi | |
Pengujian Koefesien… pada Mengenal Box-Plot (Box and Whi… | |
Rita pada Distribusi Frekuensi | |
Ayu putri sari pada Jenis-jenis Penelitian | |
imam pratama pada Variabel dan Data | |
Distribusi Frekuensi pada Distribusi Frekuensi | |
Gerbang Logika pada Perbandingan Kontras Ortogonal | |
Simpangan Baku pada Anava Regresi-Simpangan Model… | |
azkadani99 pada Distribusi Frekuensi | |
Kebunku pada Variabel dan Data | |
CATURR pada RANCANGAN ACAK KELOMPOK LENGKA… | |
Shenna Marder pada Distribusi Frekuensi | |
Darmansyah pada Slide Rancangan Acak Leng… | |
Darmansyah pada Uji-t 2 Populasi dengan Ragam… |
Senang sekali bisa membaca blog ini,semoga blog ini bisa berkembang lebih banyak konten yang berisi permasalahan statistik dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa sarjana,magister, dan doktor..Good Luck for the blog!!
Amiin…, semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.
Mdh2an kedepannya (kalo waktu senggangnya cukup, he..) bisa diperkaya lagi dg konten2 yang relevan..
🙂
1. Jika diketahui data hasil ulangan 40 orang siswa sebagai berikut.
79 74 66 87 59 68 66 98 54 36
60 71 73 88 93 53 87 33 57 65
67 64 57 33 79 91 50 65 74 48
85 61 61 68 85 92 61 71 100 50
Berdasarkan data di atas
a. Tentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari data tersebar tersebut!
b. Tentukan nilai kuartil pertama dan kuartil ketiga dari data tersebar tersebut!
c. Tentukan nilai simpangan baku dari data tersebar tersebut!
2. Jika data pada Nomor 1 disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi sebagai berikut.
Interval Frekuensi
29 – 40 3
41 – 52 3
53 – 64 10
65 – 76 12
77 – 88 7
89 – 100 5
Jumlah 40
a. Sajikan data di atas ke dalam bentuk boxplot!
b. Sajikan data di atas ke dalam bentuk histogram beserta poligon frekuensi yang diperhalus!
c. Tentukan nilai rata-rata, modus, dan simpangan baku dari data tersebut!
3. Nilai rata-rata tes masuk SMP X adalah 4 (skala 0 – 10) dengan simpangan baku 0,83. Nilai tes masuk dari peserta tes tersebut berdistribusi normal.
a. Jika banyak calon peserta 100 orang maka berapakah banyaknya peserta tes yang nilainya di atas 5?
b. Jika banyak calon peserta 50 orang maka berapakah banyaknya peserta tes yang nilainya antara 3,5 dan 5?
mau tanya,,.
kan orang sering tuh tanya.
statistik 1 atau 2? bahan kajiannya udah sampe mana?
maksud dari statistik 1 n 2 itu apa ya?
dan ygb dimuat dalam statistik 1 dan 2 apa aja?
Sebetulnya tidak ada standar baku untuk memisahkan materi antara statistika I dan II. Namun demikian, secara umum banyak staf pengajar yang membagi statistik berdasarkan pada kajiannya, yaitu Statistika Deskriptif (Statistika 1) dan Statistika Inferensial (pengambilan keputusan) (Statistika 2).
Statistika I:
Statistika deskriptif adalah bagian dari ilmu statistika yang hanya mengolah, menyajikan data tanpa mengambil keputusan untuk populasi. Dengan kata lain hanya melihat gambaran secara umum dari data yang didapatkan.
Didalamnya mencakup bahasan: Konsep Statistika, Penyajian Data, Tabel Distribusi Frekuensi, Ukuran Pemusatan dan Ukuran Penyebaran; Probabilitas; Distribusi (Teoritis dan Sampling)
Statistika II:
Statistika Inferensial adalah cabang dari ilmu statistika yang digunakan untuk mengambil suatu inferensi (kesimpulan) tentang karakteristik populasi atas dasar informasi yang dikandung dalam sebuah sampel.
Didalamnya mencakup bahasan: Pendugaan Selang Kepercayaan, Pengujian Hipotesis, Analisis Regresi dan Korelasi, Analisis Ragam (Anava)
makasih pa kayanya byk manfaatnya ini blog, terutama bwt yg mw nyusun skripsi,, aplg klo skripsinya di bimbing sma bapak heuheu,.,.jelas bnget deh rancobnya dimengerti…
@Ryan: termakasih atas apresiasinya, semoga blog ini bisa bermanfaat, baik bagi saya pribadi (dalam memperdalam ilmu di padepokan, he2) plus buat pembaca pada umumnya…
makasih ya pak, sudah dikirimin pdf about ortogonal kontrasnya…
makasih juga nyempetin berkunjung ke blog saya yang masih asal-asalan, he..he..9x.
Ok, semoga bermanfaat.
Silaturahmi kan penting, he2.. Siapa bilang asal-asalan, blog + artikel-artikelnya bagus dan menarik kok… Cocok tuk dijadikan referensi agroteknologi. Sukses selalu ya…
waahh keren materi yg disajikannya ..
maksih banyak pak atas segala materi yg di berikannya ..
jd pengen bimbingannya sama Bpk uy .. hehehe 🙂
ok.., makasih Dandy…
Bimbingan apa tah?? he2..
kak?
ada NESTED/TERSARANG ngga????
Informasi sangat baguus. Mohon ijin saya cetak file, untuk bahan pembelajaran saya mendalami statistik. Maju terus statistika Indonesia. amiinnn.
skripsi saya mengambil judul “pengaruh gaya belajar dan modernitas individu terhadap prestasi belajar siswa”. Variabel gaya belajar sendiri mempunyai subvariabel V, A, K. Mulai rumusan masalah, rumusan hipotesis sampai dg rancangan penelitian saya tidak memisahkan antar tipe gaya belajar, jadi skor utk kesemua gaya belajar saya gabung saat meregresikan. Hasil yg saya peroleh saat meregresikan adalah berpengaruh, baik secara parsial dan simultan. Yg ingin saya tanyakan, perlukah uji anova dan post hock test utk menguji varian gaya belajar mana yg berpengaruh paling dominan terhadap prestasi? Apabila ada masalah saat uji anova dan post hock test, misal Ha ditolak dan Ho diterima, bagaimana solusi utk mengatasinya? Terimakasih.
Sudah selesai skripsinya? maaf blsnya telat 🙂
Modernitas individu tidak mempunyai subvariabel?? Dengan demikian terdapat 4 grup atau 4 taraf? V, A, K, dan Modernitas Individu??
Apabila kita ingin melihat “gaya belajar mana yg berpengaruh paling dominan terhadap prestasi” tentu diperlukan pengujian sejenis Anova dan Post Hoc.
Uji Anova hanya dilakukan apabila Skala pengukuran Variabel Dependent (responsnya) adalah interval/rasio, bukan nominal atau ordinal.
Skor disana jelas Ordinal dan Analisis Nonparametrik lebih tepat. Uji nonparametrik yang tepat menurut saya: “Uji Kruskal-Wallis one-way analysis of variance”.
Apabila menggunakan software SPSS: Analyze->Nonparametric test -> K Independet Samples…
mas saya mau tanya apa yang dimaksud rancangan percobaan berulang dalam waktu?? Dan bagaimana contoh datanya beserta cara penyelesaiannya???????makasiiii
Rancangan percobaan berulang (Repeated Measure): Penelitian dengan rancangan tertentu dimana pengamatannya dilakukan secara berulang, baik menurut waktu, musim, atau lokasi. Analisisnya mirip dengan Split-Plot dengan rancangan dasar RAL. Coba pelajari materi ini, pada materi tersebut dibahas juga mengenai pengukuran berulang: https://smartstat.files.wordpress.com/2009/12/8-split-plot.pdf
@All: terimakasih. Mohon maaf apabila ada komentar yang belum di balas.
@Nurul: Nested/tersarang belum saya buat 🙂
@Bambang: Silahkan, semoga bermanfaat
Makasich pak sebelumnya telah mengundang saya ke blog ini..
banyak materi yang bagus dan bermanfaat bagi saya untuk melakukan sikripsi nantinya…
Jangan lelah yah Pak untuk terus berbagi ilmu dengan sesama karena itu juga merupakan bentuk ibadah…
hehehhe…
Ok Josuha, sip… semoga bermanfaat dan bisa membantu..
Websitenya keren banget.. dan referensi Statistikanya lengkap 😀
terimakasih aziz… upadate dan materi + tutorial terbaru ada di site: http://www.smartstat.info
Pak, saya Marcha mahasiswa IPB. Maaf saya mau tanya.
Saya bingung menggunakan Kruskal Wallis atau Friedman pada pengolahan data penelitian saya.
Penelitian saya tentang Pengaruh Pencucian terhadap Kualitas Mangga terdiri dari 2 faktor yaitu bahan pencuci dan waktu pencucian, dengan pengamatan menggunakan skor untuk setiap responnya, pengamatan nya dilakukan di Laboratorium Pasca Panen. Jadi Pak, sebaiknya menggunakan Kruskal Wallis atau Friedman ya? Terima Kasih banyak. Sangat ditunggu balasannya.
Kalau tidak salah:
Kruskal Wallis digunakan untuk membandingkan Between Subject (dua grup/populasi/subject atau lebih) — dua atau lebih INDEPENDENT SAMPLES
Friedman digunakan untuk membandingkan Within Subject, misal pengamatan berulang pada sampel/subject yang sama atau sampel berpasangan — dua tau lebih DEPENDENT SAMPLES
NB. Maaf balasannya telat, minggu2 kemarin habis dari lapangan
Smatrstat luar biasa, materinya lengkap…
mau nanya ni GAn, kalo software bua bikin diagram peta makenya apa y…?
mOhon peneranganya..?
Senang membaca blog ini, banyak belajar dari tulisan-tulisan yang ada di dalamnya. Semoga menjadi bagian yang bermanfaat bagi banyak orang. Amin….
suhu..saya mo tanya…saya lagi bikin skripsi judulnya “pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan”..nah yg jadi pertanyaan.MOTIVASI disini bs jadi variable intervening(kata dosen saya) tp saya tetep ngotot klo jadi variable independent..kira2 jawaban yg pas bt saya apa ya??untuk memperkuat alasan saya menjadikan MOTIVASI ini sbg variable independent….
pak klw boleh tau, contoh pengamatan berulang selain dlm bidang pertanian apalagi ya pak???
bahagia baca blog ini.. dimana saya bisa blajar lebih mengerti… jazaakallah..
Kak mau tanya ttg uji t 2 sampel heterogen 😦 plis bgt bisa bantu gak kak 😦
kk saya mau minta tolong ni cara menghitung uji antar lokasi atau uji antar musim dalam RAK di program excel gimana kk???please…
mas, mau tanya buku-buku yang digunakan apa saja ya? soalnya dosen saya minta tinjauan pustakanya bukan situs, tetapi langsung literatur tertulis.. misal untuk asumsi2 anova gitu.. sebelumnya, terimakasih loh mas, blog nya membantu
Assalammu’alaikum
Trima kasih infonya mengenai statistik & rancob. Sya jadi Lbih pham untuk mnganalisis data
Yang ingin saya tnyakan, apa metode yg tepat untuk mnetukan uji perlakuan terbaik. Yang saya tahu hanya uji efektifitas Degarmo dan uji multiple attributre yg sayangny saya blm mngetahui caranya.
Mungkin dari smartstat atau member Lain bsa membantu?
Trima kasih sblumnya