Smart Statistik

Seputar Satistik dan Perancangan Percobaan

Bagaimana menata tesis Anda?

Pendahuluan

Panduan ini disusun untuk membantu para mahasiswa saya dalam menyusun Master tesisnya ataupun desertasi doktornya dan menyelesaikan studinya di program studi pasca sarjana di IPB Bogor. Panduan ini dibuat karena terdorong keinginan mempermudah dan memperlancar usaha mahasiswa menyelesaikan tesisnya. Panduan ini merupakan penjelasan awal dari Panduan lengkap menulis tesis yang disiapkan tersendiri.

Panduan ini akan membantu mahasiswa memikirkan berbagai aspek dan langkah-langkah yang harus dilakukannya untuk menentukan permasalahan penelitian, menyusun kerangka pemikiran dan prosedur penelitiannya hingga penulisan tesisnya. Walaupun mahasiswa saya banyak berkutat dengan bidang ilmu kelautan dan perikanan, dengan berbagai aspek dan topik seperti teknologi, perencanaan pembangunan perikanan tangkap, sistem informasi, optimasi dan permodelan dalam pengembangan kelautan dan perikanan, akan tetapi panduan ini bisa digunakan oleh mahasiswa-mahasiswa di bidang ilmu lainnya.

Mengapa?

Karena langkah-langkah dalam menyusun tesis secara praktis umumnya sama saja, tidak berbeda berdasarkan bidang ilmu. Apapun bidang yang anda tekuni, bila anda ingin menyusun tesis maka langkah-langkah pokoknya sama saja. Apapun bidang ilmu anda, untuk menata tesis anda perlu menentukan pokok permasalahannya. Kemudian anda perlu menyususn kerangka pemikiran teoritisnya, anda perlu menetapkan hipotesisnya, kemudian anda perlu menetapkan metode penelitian untuk menjawab permasalahan dalam tesis anda tersebut. Anda harus memakai metode yang sahih secara ilmiah. Anda perlu membuktikan kebenaran hipotesis anda dengan pembuktian anda melalui penelitian memakai metode yang anda tetapkan itu. Dan anda harus menuliskan dan menyusun tesis anda tersebut dalam laporan akhir yang akan anda jadikan sebagai tesis dan anda pertahankan kebenarnya secara ilmiah dalam sidang ujian di hadapan tim penguji anda.

Apa Idenya ?

Fokus panduan ini bukanlah untuk membahas implementasi nyata dari pokok penelitian tesis seperti metode apa yang akan dipakai, berapa besar sampel yang harus diambil, instrumen apa yang digunakan dalam pengamatan dan pengumpulan data, variabel apa yang harus diukur dan lain sebagainya. Panduan ini akan membicarakan tentang beberapa pemikiran yang harus dipahami untuk menjalani proses penyelesaian tesis yang dibangun. Pemikiran tersebut misalnya bagaimana menentukan strategi agar penyusunan tesis berjalan mulus.

Kalaupun panduan ini bisa membantu para mahasiswa dan memperlancar tugas penyusunan tesisnya di bawah bimbingan komisi pembimbingnya, tetapi penggunaan panduan ini tidaklah menjadi jaminan keberhasilan mahasiswa mengakhiri studinya, tanpa keseriusan dan upaya sungguh-sungguh dari mahasiswa itu sendiri. Bagaimanapun panduan ini hanya dimaksudkan untuk membantu memudahkan pekerjaan mahasiswa dengan memberikan sistematika proses penyelesaian tesisnya.

Benda macam apa tesis itu?

Sebelum memulai langkah pelaksanaan pembuatan tesis, kiranya perlu diketahui dulu apa itu tesis. What is the thesis all about.

Ciri penting suatu tesis adalah suatu karangan ilmiah berisi suatu teori atau kajian ilmiah berdasarkan hasil penelitian mahasiswa pasca sarjana. Tesis merupakan karya ilmiah mahasiswa yang wajib dibuat sebagai syarat kelulusan studi S-2. Tesis harus dapat menjadi kontribusi asli dari mahasiswa pada perkembangan IPTEK (a contribution to knowledge). Suksesnya mempertahankan tesis merupakan keberhasilan mahasiswa dalam berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Tesis harus dapat dipertahankan oleh mahasiswa dalam suatu sidang ujian akhir. Karena tesis harus merupakan kontribusi ilmiah yang asli dari mahasiswa, maka dewan penguji tentunya akan membaca dan mengevaluasi tesis ini dan berusaha menemukan hal-hal berikut:

  • Apakah permasalahan pokok yang dijadikan tesis telah dirumuskan dengan baik?
  • Apakah mahasiswa dapat menjawab permasalahan dengan pembuktian secara baik,
    benar dan meyakinkan?
  • Apakah jawaban permasalahan merupakan kontribusi yang cukup berbobot bagi
    perkembangan ilmu pengetahuan?

Permasalahan perlu didefinisikan dengan jelas, sehingga tidak menimbulkan keraguan dan penafsiran ganda atau berbeda-beda (multitafsir) bagi pembacanya. Mahasiswa harus melakukan review terhadap referensi yang ada tentang teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan yang dipilih dan diajukannya dalam tesis. Buktikanlah bahwa permasalahan belum pernah diajukan dan dijawab oleh peneliti sebelumnya. Buktikan bahwa anda dapat menjawab permasalahan dengan meyakinkan melalui pendekatan dan metode ilmiah yang sahih. Yakinkan dewan penguji bahwa permasalah merupakan pertanyaan bagus yang cukup berbobot sebagai sumbangan untuk kemajuan perkembangan IPTEK terkait.

3 responses to “Bagaimana menata tesis Anda?

  1. at malensang Februari 10, 2010 pukul 10:10 pm

    Tulisan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang butuh bantuan dalam menyusun karya tulisnya. saya berharap tulisan ini akan berlanjut sampai pada akhir penulisan tesis.

  2. iqbal Oktober 29, 2010 pukul 8:07 am

    izin download ya,,,pak

    • smartstat Oktober 29, 2010 pukul 10:47 am

      Kalau untuk dipelajari.., Silahkan, tapi apabila dimuat di blog/web tolong cantumkan sumber aslinya. (Ingat, sumber asli bukan smartstat, saya juga ngutip dari site lain, referensinya ada lihat di halaman 2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s